Wakil Tetap Perdana Menteri Laos Menghadiri Resepsi Diplomatik HUT RI ke-65

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 24 September 2010, KBRI Vientiane telah menyelenggarakan Resepsi Diplomatik yang dihadiri lebih dari 250 orang undangan. Acara yang diselenggarakan di Ball Room Lao Plaza Hotel ini terbilang sukses dan berkesan karena dapat menampilkan suasana khas Indonesia kepada para undangan. Perayaan HUT RI Ke-65 kali ini dihadiri sejumlah Menteri; Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan, Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Luar Negeri dan pejabat tinggi pemerintah Laos baik sipil maupun militer, Korps diplomatik, organisasi internasional, Friends of Indonesia dan masyarakat Indonesia di Vientiane. Sebagai tamu kehormatan (guest of honour) adalah Y.M. Mr. Somsavad LENGSAVAD, Wakil Tetap Perdana Menteri Laos (Standing Deputy Prime Minister) salah seorang anggota Politbiro Partai dan tokoh kunci pemerintah Laos.

Membuka acara tersebut dikumandangkan lagu kebangsaan Laos dan Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan Dubes RI untuk RDR Laos, Bapak Kria Fahmi Pasaribu. Dalam sambutannya Dubes RI, Bapak Kria Fahmi Pasaribu menyampaikan keberhasilan Reformasi tahap pertama Indonesia dan peran aktif Indonesia yang turut memberikan sumbangsihnya dalam memecahkan permasalahan global . Menyinggung hubungan bilateral kedua negara, Duta Besar RI menyatakan bahwa sejak dibukanya hubungan diplomatik RI-Laos tahun 1957 hubungan tersebut terus berkembang dan semakin kokoh di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya kedua negara.

Dalam kaitan hubungan bilateral kedua negara, Dubes RI menyampaikan bahwa Pemerintah RI tetap berkomitmen untuk melanjutkan dan meningkatkan bantuan kerjasama teknik utamanya dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Laos, baik dalam bentuk pemberian beasiswa S-1 dan S-2, bahasa dan seni budaya, pelatihan dan bantuan kerjasama teknik lainnya kepada mahasiswa dan pejabat pemerintah Laos. 

Para undangan sangat terkesan dengan acara resepsi  HUT RI Ke-65 yang kental dengan nuansa Indonesia dan undangan dapat menikmati kuliner Indonesia seperti; nasi goreng, nasi kuning, rendang, sate ayam, ikan bumbu Bali, soto mie, perkedel ikan, capcay dan penganan khas Indonesia seperti risoles, Sosis Solo, pastel, martabak telor, lemet singkong, klepon dll. Sunguhan masakan Indonesia tersebut dipuji ‘fantastis’ oleh para undangan.