Penyerahan Surat-surat Kepercayaan Duta Besar RI kepada Presiden RDR Laos

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Pada tanggal 4 Mei 2010 bertempat di Istana Kepresidenan Hor Kham, Y.M. Kria Fahmi Pasaribu telah menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (LBBP RI) untuk Republik Demokratik Rakyat Laos (RDR Laos) kepada Presiden RDR Laos, Y.M. Letnan Jenderal (Purn) Choummaly Sayasone.

 

         Setelah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan, Duta Besar RI didampingi oleh Minister Counsellor Konsuler/HOC, Atase Pertahanan dan Sekretaris Ketiga Politik-Ekonomi telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Sayasone selama kurang lebih 20 menit, sementara Presiden RDR Laos didampingi oleh 2 orang Menteri dan 4 pejabat tinggi Laos. Mengawali pembicaraan, Dubes LBBP RI menyampaikan salam hangat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Presiden Sayasone dan rakyat Laos.

 

Selanjutnya Dubes LBBP RI menyampaikan komitmen Pemerintah RI untuk terus melanjutkan bantuan kerjasama teknik, beasiswa, pendidikan dan pelatihan kepada pemerintah Laos sebagai bentuk kontribusi nyata Pemerintah RI dalam membantu Laos meningkatkan kemampuan SDM, khususnya dalam upaya mencapai target MDG Laos pada tahun 2015 dan keluar dari Status LDCs tahun 2020. Selain itu Pemerintah RI juga akan selalu mendukung upaya pemerintah Laos untuk mewujudkan visinya sebagai land-linked country dan battery of ASEAN. Dalam konteks ASEAN, Dubes LBBP RI menekankan kembali pentingnya kerjasama erat kedua negara dalam melaksanakan komitmen-komitmen yang disepakati bagi terwujudnya ASEAN Community 2015.

 

Dubes LBBP RI menyampaikan kegembiraannya melihat perkembangan hubungan dagang kedua negara yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dan mengharapkan kerjasama di bidang ini dapat lebih ditingkatkan dimasa mendatang melalui partisipasi pelaku bisnis kedua negara dalam program pembangunan masing-masing negara.

 

Menanggapi hal-hal tersebut di atas, Presiden Sayasone menyatakan sangat terkesan atas keberhasilan dalam mengatasi berbagai tantangan global yang terlihat dari meningkatnya performa ekonomi nasional. Presiden Sayasone sangat menghargai bantuan dalam bentuk kerjasama teknik, beasiswa, pendidikan dan pelatihan yang telah diberikan Pemerintah RI selama ini. Hal ini secara jelas menunjukkan simpati dan peran penting Indonesia di ASEAN dalam membantu negara anggota lainnya mengembangkan kapabilitas SDM-nya. Presiden Sayasone mengharapkan agar bantuan dan kerjasama Pemerintah RI dapat pula diperluas ke bidang-bidang lainnya.

 

Disampaikan pula bahwa kondisi dalam negeri Laos sekarang ini stabil dan kondusif yang antara lain terlihat dari keberhasilan Pemerintah Laos menyelenggarakan SEA Games ke-25 di Vientiane, bulan Desember 2009. Presiden Sayasone mengharapkan agar Pemerintah RI dapat sukses pula dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan SEA Games ke-26 di Palembang tahun 2011 yad.

 

Presiden Sayasone juga menginformasikan bahwa hingga saat ini Laos mampu menjaga kondisi Polkam yang stabil dan kondusif, dimana pada gilirannya mendukung konsistensi pertumbuhan ekonomi Laos. Saat ini Pemerintah Laos tengah mengevaluasi capaian National Socio-Economic Development Plan (NSEDP) periode 2006-2010 dan tengah merumuskan NSEDP periode 2011-2015.

 

Sebelumnya pada tanggal 30 April 2010 Dubes LBBP RI telah menyerahkan copy Surat-surat Kepercayaan dan Letter of Recall kepada Wakil Menteri Luar Negeri Laos, Mr. Phongsavath Boupha. Dalam kesempatan ini telah dibicarakan upaya peningkatan hubungan bilateral kedua negara, termasuk dalam kerangka ASEAN.