Pemutaran Film Indonesia Tahun 2013

​​​​​​​

Dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia di Vientiane, setiap tahunnya KBRI Vientiane mengadakan pemutaran film Indonesia di teater film Lao ITECC, Vientiane. Tahun ini film yang diputar berjudul “5 Cm” yang bergenre drama remaja untuk semua umur dan “Pintu Terlarang” yang bergenre horror untuk 17 tahun keatas, keduanya menggunakan subtitle Inggris, Sabtu, (07/09/2013).

 

Acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 400 penonton yang terdiri dari peserta kursus Bahasa Indonesia di KBRI, Alumni Penerima Beasiswa Pemri, Masyarakat Indonesia di Vientiane, Murid Sekolah Dansavanh di Vientiane, Friends of Indonesia, keluarga besar KBRI Vientiane serta masyarakat umum.

 

Selama pemutaran film berlangsung, penonton tampak antusias dan ekspresif, terutama saat melihat pemandangan yang menakjubkan dari pegunungn di Jawa Timur pada film 5 Cm serta kejadian-kejadian menyeramkan pada film ”Pintu Terlarang”. Secara umum para penonton sangat menikmati film-film yang diputar dan mengikuti alur film tersebut dengan baik.

 

Setelah pemutaran film para penonton menyampaikan rasa puasnya terhadap film-film yang telah diputar dan melalui film tersebut juga dapat mengetahui mengenai keindahan alam Indonesia dan belajar Bahasa dan Budaya Indonesia. Para penonton mengharapkan agar pada pemutaran film selanjutnya dapat menggunakan subtitle bahasa Laos sehingga lebih mudah dimengerti oleh masyarakat umum.

 

Kegiatan tersebut juga diliput oleh media cetak setempat yang sempat mewawancarai PF Polek yang menggantikan PF Pensosbud yang sedang cuti. Pada kesempatan tersebut menjelaskan kepada para wartawan bahwa tujuan pemutaran film Indonesia adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia khususnya perfilman Indonesia, sehingga melalui perfilman Indonesia semakin meningkatkan turis Laos yang ke Indonesia. (Sumber : KBRI Vientiane)