Pemerintah RI Anugerahkan Beasiswa S2 KNB

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka melepas lima orang peserta dari Laos penerima beasiswa Program Master Degree (S-2) Kerjasama Negara Berkembang (KNB), pada tanggal 12 Oktober 2010 Duta Besar RI untuk Laos, Bapak Kria Fahmi Pasaribu telah menyerahkan tiket pesawat kepada para peserta program S-2 tersebut. Peserta umumnya adalah pegawai pemerintah Laos yang bekerja di berbagai Kementerian dengan mengambil berbagai bidang studi antara lain Hubungan internasional, Lingkungan hidup, Manajemen, Pendidikan keguruan. Kegiatan ini berlangsung di kediaman Duta Besar RI yang dihadiri oleh wakil pemerintah Laos, para peserta dan orangtua/keluarga mereka dan home staff KBRI Vientiane.

Dalam perpisahan tersebut Duta Besar RI menyampaikan sambutannya bahwa pemberian beasiswa ini merupakan wujud dari komitmen Pemerintah RI untuk membantu Pemerintah Laos dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Laos khususnya di kalangan generasi muda agar kedepan dapat ikut memberikan kontribusi dan sumbangsihnya dalam pembangunan di Laos. Duta Besar RI juga menyampaikan bahwa peserta terpilih telah melalui seleksi yang ketat dari puluhan calon yang mengajukan permohonan. Untuk itu mereka diminta untuk bersungguh-sungguh menuntut ilmu sehingga bisa menyelesaikan pendidikannya pada waktu yang ditetapkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut wakil Pemerintah Laos, Mr. Kiettisack Keobandith Direktur Protokol Hubungan Luar Negeri pada Kantor Presiden dan Ms. Chantaly Siriphongphanh, wakil dari Kementerian Pendidikan Laos yang menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang telah menganugerahkan beasiswa S-2 kepada lima orang peserta tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Mr. Kiettisack menyampaikan bahwa sejak dibukanya hubungan diplomatik RI-Laos di 1957, Indonesia telah banyak memberikan bantuan kepada Laos, Indonesia pulalah yang gigih mendorong dan membantu Laos untuk masuk menjadi anggota ASEAN dan membantu Laos pada saat Laos menjadi tuan rumah KTT ASEAN di tahun 2004. Selanjutnya Mr. Kiettisack Keobandith menyampaikan pula harapan pemerintah Laos agar Pemerintah Indonesia di masa yang akan datang dapat memberi bantuan beasiswa untuk Doktoral (S-3).

Para peserta menyatakan kegembiraan dan penghargaannya atas bantuan beasiswa yang telah mereka dapatkan. Orangtua peserta yang juga diundang pada acara tersebut menyampaikan rasa bangga atas terpilihnya putra/putri mereka mengikuti program S-2 KNB tersebut. Orangtua peserta juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah Indonesia dan sangat terharu karena tidak menyangka akan diundang oleh Duta Besar RI pada acara ini pelepasan putera puteri mereka untuk belajar di Indonesia. Setelah acara penyerahan tiket selesai, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Para peserta akan berangkat ke Indonesia tanggal 12 Oktober 2010 malam dengan Thai Airlines (sumber KBRI Vientiane).