Lawatan Kerja Menlu RI ke Laos

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada 10 - 12 Januari 2010, Menteri Luar Negeri RI, Dr. Marty Natalegawa telah mengadakan lawatan kerja di Vientiane, Laos. Lawatan Menlu RI dimulai 11 Januari 2010 dimulai dengan pertemuan bilateral dengan Wakil Perdana Menteri/Menlu Laos, Dr. Thongloun Sisoulith untuk membahas berbagai isu guna peningkatan kerjasama baik dalam bidang politik, keamanan, perdangangan dan pertanian.

Dalam kaitan ini, Menlu RI dan DPM/Menlu Laos telah sepakat untuk segera menyelesaikan perjanjian bebas visa RI- Laos untuk paspor biasa dan menjajaki rute penerbangan langsung Jakarta-vientiane. Menlu RI juga menyampaikan undangan kepada DPM/Menlu Laos, Dr. Thongloun Sisoulith, untuk menghadiri Joint Commision on Bilateral Cooperation Indonesian-Laos (JCBC) ke-3 yang menurut rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2010 di Yogyakarta. Selanjutnya, Menlu RI mengadakan kunjungan kehormatan kepada Presiden Laos, Choummaly Sayasone.

Dalam kedua pertemuan tersebut, Presiden dan DPM/Menlu Laos kembali menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Mantan Presiden Abdurahman Wahid.

Menlu RI juga menyampaikan selamat atas keberhasilan Laos menyelenggarakan Sea Games ke-25 tahun 2009. Sehubungan hal ini, DPM/Menlu Laos juga menyampaikan apresiasi kepada Indonesia yang telah membantu Laos, melalui pengiriman pelatih pencak silat yang juga telah membuahkan hasil dengan diraihnya satu medali emas.

Sore Hari, 11 Januari 2010, Menlu RI dan DPM/Menlu Laos bertolak meninggalkan Vientiane menuju propinsi Champassak, dan dilanjutkan mengunjungi propinsi Savanakhet pada Selasa 12 Januari 2010, sebelum meninggalkan Laos untuk menghadiri ASEAN Ministerial Retreat Meeting di Vietnam.