KBRI VIENTIANE DALAM ASEAN DIPLOMATIC FOOD FAIR

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 16 Oktober 2010 bertempat di National Culture Hall – Vientiane, KBRI Vientiane telah berpartisipasi pada kegiatan Diplomatic Food Fair yang diikuti oleh sekitar 16 perwakilan asing, yaitu perwakilan negara-negara ASEAN dan perwakilan negara sahabat seperti RRT, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, India, USA. Acara ini diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Laos dalam rangka untuk memperingati 43 Tahun berdirinya ASEAN dan 13 tahun Laos menjadi anggota ASEAN.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Luar Negeri Laos, Mr. Bounket SANGSOMSAK yang menyampaikan sambutan singkat dan didampingi oleh Duta Besar negara ASEAN dan negra peserta lainnya telah  melakukan pengguntingan pita dan melepaskan balon ke udara. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Menlu Laos, Mr. Bounket SANGSOMSACK kemudian mengunjunggi setiap stand food fair termasuk stand Indonsia. Pada saat singgah di stand Indonesia Wakil Menlu disugguhkan dengan sajian panganan khas Indonesia seperti ‘klepon’ dan ‘rempeyek’. Wakil Menlu kemudian menyampaikan kekagumannya dan memuji masakan Indonesia tersebut.

Seluruh panganan khas Indonesia disiapkan oleh KBRI Vientiane bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan yang menampilkan; risoles, klepon, sate ayam, rempeyek, tempe, dan rendang. Selain itu telah pula dipamerkan aneka hasil kerajinan tangan dari batik. Stand Indonesia termasuk yang banyak dikunjungi dan diminati pengunjung, terutama masyarakat Laos dan komunitas internasional yang berdomisili di Vientiane.

Sepanjang kegiatan food fair berlangsung pengunjung juga dihibur dengan lagu-lagu dari negara ASEAN, KBRI Vientiane dalam hal ini memutarkan lagu ‘Bengawan Solo’ dan ‘Indonesia’. KBRI Vientiane telah pula memanfaatkan kegiatan ini untuk membagikan brosur dan pamflet promosi pariwisata Indonesia yang banyak diambil oleh pengunjung (sumber Pensosbud KBRI Vientiane).