Promosi Eko-Wisata Indonesia di Ferien Messe Austria 2014

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Dalam rangka mempromosikan pariwisata Indonesia di Austria, KBRI/PTRI Wina telah berpartisipasi dalam pameran pariwisata tahunan Ferien Messe Wien 2014, 16-19 Januari 2014, di Messe Wien Congress and Exhibition Center. Pameran tersebut merupakan ajang promosi pariwisata terbesar di Austria dan salah satu yang terbesar di kawasan Eropa, khususnya Eropa Tengah dan Timur.

 

Pameran diikuti oleh 750 exhibitor dalam dan luar negeri Austria dan selama empat hari penyelenggaraan telah tercatat jumlah pengunjung sekitar 148.000 orang. Terdapat 6 exhibitor yang berasal dari perwakilan asing yakni Indonesia, Afrika Selatan, Turki, Swedia, Kuba dan Namibia, sedangkan exhibitor lainnya merupakan perusahaan travel agent, tour operator dan badan parwisata nasional (national tourism board) dari 70 negara di dunia.

 

2014 merupakan tahun keempat KBRI/PTRI Wina berperanserta dalam pameran Ferien Messe Wien. Dalam promosi tahun ini, stand Indonesia mengambil tema eco-tourism untuk mempromosikan kekayaan eko-wisata Indonesia. Keunggulan Indonesia dalam keanekaragaman hayati dan budaya sangat berpotensi menjadi alternatif wisata yang menjanjikan. Namun lebih penting lagi, tema ini sengaja dipilih untuk mendukung ekowisata di Indonesia sebagai model wisata yang bertanggungjawab terhadap lingkungan dan lebih langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

 

Paviliun Indonesia menampilkan berbagai informasi tentang obyek ekowisata di Indonesia. Selain menampilkan foto-foto bertema eco-tourism, dilakukan pula pemutaran video dan penyebaran brosur berbagai tujuan ekowisata di Indonesia; seperti konservasi Orang Utan di Tanjung Puting dan Bukit Lawang, pelatihan gajah di Way Kambas, Taman Nasional di Ujung Kulon dan Kerinci, Wisata laut di Raja Ampat, Togean, Wakatobi dan Pulau Komodo, serta berbagai desa-wisata di Jawa Barat dan Yogyakarta.

 

Paviliun Indonesia menarik perhatian pengunjung karena keunikan tampilannya yang didukung oleh promosi kuliner berupa penyajian nasi tumpeng serta pagelaran budaya tradisional. Seni tradisional yang digelar adalah penampilan Vocal Group Pelajar Indonesia di Austria yang membawakan lagu-lagu daerah dan tari-tarian daerah. Pengunjung terutama mengapresiasi penampilan tari Keser Bojong (Jawa Barat), tari Cendrawasih (Bali) dan tari Puspanjali (Bali) yang masing-masing dibawakan oleh dua pelajar Austria; Frederika Konrad dan Nevena Ugrenovic yang merupakan alumnus program beasiswa Darmasiswa dan Beasiswa Seni Budaya Indonesia atau BSBI.

 

Melihat antusiasme yang cukup tinggi dari para pengunjung untuk memperoleh informasi mengenai paket ekowisata di Indonesia, menunjukkan peluang yang baik bagi Indonesia untuk merebut pasar wisatawan Austria.

.