INDONESIA MERAIH 3 GELAR PADA KEJUARAAN BULUTANGKIS AUSTRIAN OPEN 2015

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Para pemain muda Bulutangkis Indonesia berhasil meraih 3 gelar pada Kejuaraan Bulutangkis Austrian Open 2015 yaitu pada Partai Ganda Campuran, Ganda Putri dan Ganda Putra. Pada partai Ganda Campuran terjadi All Indonesian Final. Pasangan Gloria Widjaja dan Edi Subaktiar mengalahkan pasangan Melati Oktaviani dan Ronald Alexander melalui pertandingan Rubber Set yang cukup ketat 15-21, 22-20, 21-18.

 
Pasangan Ganda Putri Indonesia Suci Andini dan Maretha Giovani meraih juara Austrian Open 2015 setelah mengalahkan pasangan Inggris Heather Oliver dan Lauren Smith dengan straight set 21-14 dan 23-21. Pasangan Indonesia lainnya yang meraih juara adalah Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto yang mengalahkan pasangan Inggris Peter Briggs dan Tom Wolfenden melalui pertandingan rubber set yang cukup ketat dengan skor 23-21, 18-21 dan 21-19.
 
Sementara itu pemenang Tunggal Putri dan Tunggal Putra diraih oleh pemain China Hongkong  Pemain Tunggal Putri Hongkong Cheung Ngan Yi menang atas pemain Bulgaria Linda Zetchiri dengan straight set 21-16, 21-8. Sementara tunggal putra Hongkong lainnya Angus Ng Ka Long mengalahkan pemain Malaysia Iskandar Zainudin dengan rubber set 14-21, 21-18 dan 21-19.
 
Sebanyak 29 pebulutangkis Indonesia berpartisipasi pada Austrian Open 2015 yang digelar di Wiener Stadthalle Hall B, 18-21 Februari 2015. Para pebulutangkis Indonesia di antaranya merupakan atlet binaan langsung Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang masuk dalam program Pelatnas Pratama dan Senior di Cipayung serta klub bulutangkis Jarum Kudus, Klub bulutangkis Jayaraya dan Mutiara dari Jakarta. Selebihnya merupakan pebulutangkis professional Indonesia yang bermain di Eropa.
 
Kejuaraan ini diikuti wakil-wakil dari Austria, Kroasia, Denmark, Wales, Finlandia, Spanyol, Italia, Swiss, Rusia, Polandia, Rep Ceko, Swedia, Jerman, Inggris, Skotlandia, Perancis, Belgia, Ukraina, Hungaria, Yunani, Serbia, Slovenia, Belanda, Turki, Eslandia, Bulgaria, Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, China, Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Nigeria dan Estonia.
 
Austrian Open merupakan turnamen tahunan resmi yang masuk kalender Badminton World Federation (BWF). Turnamen ini masuk dalam kategori International Challenge dan mulai digulirkan pada tahun 2006 sehingga tahun ini merupakan tahun ke-10 Austrian Open bergulir. Partisipasi pebulutangkis Indonesia pada turnamen ini dimulai pada tahun 2010. Pada tahun tersebut Indonesia yang diwakili Andre Kurniawan Tedjono, Fransisca Ratnasari, dan pasangan Viki Indra Okvana/Ardiansyah Putra berhasil meraih gelar juara di tunggal putra dan putri, serta ganda putra.
 
Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, Rachmat Budiman, turut hadir mendukung perjuangan para pemain Indonesia bersama masyarakat Indonesia. Meskipun jumlahnya hanya berkisar puluhan, namun karena militansi, pendukung Indonesia begitu menonjol diantara para penonton yang memenuhi stadion Wiener Stadthalle, Wina.
 
KBRI Wina, 21 Februari 2015