Tips dan Informasi Pendidikan Di Austria

2/18/2013

 
a.   Daftar dan links universitas terkemuka di Austria:
 
  • Universität Wien (University of Vienna) (http://www.univie.ac.at)
  • Universität Graz (dikenal juga sebagai: Karl Franzens Universität) (www.kfunigraz.ac.at)
  • Universität für Musik und darstellende Kunst Wien (University of Music and Performing Arts, Vienna) (http://www.mdw.ac.at)
  • Universität für Bodenkultur Wien (University of Natural Resources and Applied Life Sciences, Vienna) (http://www.boku.ac.at)
  • MODUL University Vienna (sekolah tinggi untuk pendidikan pariwisata, teknologi media dan manajemen publik) (http://www.modul.ac.at)
 
b.   Skema beasiswa: Sebagian besar mahasiswa Indonesia yang belajar di Austria dengan dukungan beasiswa dari Pemerintah Austria mendapatkan beasiswa yang dikelola oleh OeAD (Österreichische Austauschdienst/Austrian Agency for International Cooperation in Education and Research/ http://www.oead.at). Selama kurang lebih 10 tahun terakhir, OeAD menawarkan dua skema beasiswa untuk Strata 2 dan Strata 3 bagi para mahasiswa dari Indonesia, yaitu: Technology Grant dan North-South Dialogue. Tetapi penyaluran beasiswa-beasiswa tersebut ditujukan secara spesifik bagi anggota civitas akademika beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang merupakan anggota ASEA-Uninet (ASEAN-European University Network), seperti Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia. Selain skema tersebut hanya terdapat program beasiswa yang secara umum ditawarkan masing-masing institusi pendidikan dan belum ada program beasiswa lain yang dikhususkan untuk mahasiswa asal Indonesia atau negara Asia lainnya.
 
c.    Sandwich Program yang tersedia untuk Pelajar Indonesia Saat ini beberapa program studi pada Universität Wien menawarkan program pertukaran mahasiswa dengan beberapa institusi pendidikan tinggi terkemuka di Indonesia. Namun program tersebut bersifat swadaya karena pihak Universität Wien tidak memberi bantuan finansial kepada para peserta. Salah satu contoh program studi yang menjalankan program ini adalah pertukaran sementara antara mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Universität Wien. d. Saat ini terdapat sekitar 45 warga negara Indonesia yang tercatat sebagai mahasiswa di Austria, yang sedang menempuh pendidikan pada tahap strata satu, dua dan tiga. e. Hal-hal yang harus diperhatikan pelajar Indonesia di negara setempat. Saat ini biaya pendidikan tinggi di Austria tergolong sangat murah. Bagi mahasiswa yang berasal dari negara berkembang tuition fee untuk satu semester (baik untuk strata 1, 2 dan 3) adalah sekitar € 17.