Turnamen Catur Perbatasan Konsulat Cup Berjalan Sukses

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Dalam rangka meningkatkan koordinasi dan kerjasama pengamanan di perbatasan RI-PNG, Konsulat RI Vanimo bekerjasama dengan Posko TNI Perbatasan RI di Skouw dan Distrik (Camat) Muara Tami Prov.

 
Papua menggelar Kejuaran Catur “Konsulat RI Cup 2013” bertempat di Aula Pos Pelaporan Lintas Batas darat Skouw,  tgl 1-2 Pebruari 2013. Selain itu, Turnamen ini juga dimaksudkan untuk memupuk silaturahim sesama instansi, apkam dan masyarakat sekitar perbatasan RI-PNG (Skouw-Wutung) sekaligus  menggalakkan olah raga catur di perbatasan.
 
Pertandingan catur perbatasan yang menggunakan Aula Ruang Rapat Badan Pengelola Kerjasama Luar Negeri-BPKLN Pos Perbatasan Provinsi Papua, diikuti 32 pemain termasuk 4 pemain berasal dari Konsulat RI di Vanimo, dibuka secara resmi oleh Distrik (Camat) Muara Tami, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan catur yang digagas ini sejalan dengan upaya pemerintah Prov Papua khususnya Walikota Jayapura menjadikan kawasan perbatasan antar Negara di Skouw, menjadi serambi terdepan Papua.
 
Sedangkan Konsul dalam pengantar awal pembukaan menegaskan bahwa melalui turnamen catur yang diikuti instansi, apkam yang bertugas di perbatasan RI-PNG dan masyarakat sekitarnya diharapkan diperoleh perspektif  yang baru berupa kerjasama dan koordinasi yang lebih baik antar sesama instansi, mengingat di perbatasan Skouw-Wutung memiliki dinamika masalah yang memerlukan penanganan yang cepat melalui koordinasi sesama instansi.
 
Turnamen catur Persahabatan tersebut berlangsung dengan system gugur, pada hari kedua Sabtu, tgl 2 Pebruari  diadakan acara penutupan dan penyerahan tropi/hadiah-hadiah kepada para pemenang sebagai berikut :
 
- Juara Pertama diraih Sdr. Mases (warga Indonesia yang tinggal di perbatasan) merebut tropi tetap, hadiah uang dan tropi bergilir.
-  Juara  Kedua diraih Sdr. Yahaya Yoku (Staf Konsulat) merebut tropi tetap dan hadiah uang
-  Juara ketiga diraih Sdr. Roma (warga Indonesia yang tinggal di perbatasan) merebut tropi tetap dan hadiah uang
 
Selain juara I,II,III, terdapat pula juara Harapan I, II,III dan dua orang pemenang peraih hadiah-hadiah hiburan.
 
Pertandingan catur berlangsung meriah, selain  disaksikan pegawai instansi dan apkam yang bertugas di pos lintas perbatasan darat Skouw dan warga masyarakat/pedagang di pasar Skouw, juga dihadiri perwakilan masyarakat Indonesia yang tinggal di Vanimo dan sekitarnya.
 
Melihat antusias para pihak yang terlibat dalam pertandingan, Turnamen catur ini akan dilaksanakan sebagai turnamen tahunan di perbatasan Skouw-Wutung. (Sumber : KRI Vanimo)