PEMILU LEGISLATIF DI VANIMO : WARGA ANTUSIAS, AMAN DAN BERJALAN LANCAR

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Pada Hari Sabtu, 5 April 2014, telah dilaksanakan acara Pemungutan Suara bagi warga Indonesia yang tinggal di Vanimo dan sekitarnya. Sebanyak  405 warga Indonesia sebagian besar Pekerja di sektor Penebangan kayu di Vanimo datang ke Konsulat melakukan pencoblosan di TPS yang disiapkan Panitia Pemilihan Luar Negeri.

 

Acara Pemungutan suara dimulai Jam 09.00 didahului pengambilan sumpah anggota KPPSLN (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri) oleh Ketua KPPSLN terhadap 6 anggota KPPSLN dan penjelasan mengenai tata tertib serta cara pencoblosan. Konsul RI Vanimo, Jahar Gultom melakukan pencoblosan pertama terhadap surat suara dihadapan warga Indonesia yang memadati halaman Konsulat. Acara Pemungutan suara berakhir pada Pukul 18.00 yang kesemuanya rangkaian acara Pencoblosan suara berjalan dengan baik, tertib dan lancar tanpa ada gangguan keamanan.

 

Data jumlah Pemilih yang terdaftar dalam DPT TPSLN Vanimo adalah sebanyak 410 Pemilih (jumlah surat suara yang disediakan plus 2% sebanyak 418). Jumlah Pemilih yang datang ke TPS Konsulat RI Vanimo adalah sebanyak 405.


Selain pemungutan suara di TPS, Panitia Pemilihan Luar Negeri juga melakukan pemungutan suara dengan mendatangi Camp Pekerja di Bewani dan Imbio dengan Drop Box, pada tgl 30 Maret 2014 yang lalu. Jumlah Pemilih melakukan pencoblosan melalui drop box sesuai pemilih dalam DPT  adalah sebesar 91 orang,

 

Dengan demikian total pemilih yang melakukan pencoblosan baik melalui TPSLN maupun melalui Drop Box adalah sebanyak 496 Pemilih atau 78 % dari jumlah DPT 634.

 

Konsul RI Vanimo, Jahar Gultom menyampaikan kegembirannya bahwa kegiatan Pemungutan suara berjalan dengan baik, lancar dan aman tanpa ada gangguan  keamanan. ”Saya seneng penyelenggaraan Pemungutan suara yang diadakan di Konsulat ini tertib dan lancar; semuanya atas dukungan semua pihak. Meski pada saat yang sama terjadi inisiden penembakan oleh kelompok sipil bersenjata di perbatasan RI-PNG; Pemungutan suara di TPSLN Vanimo berjalan lancar sesuai yang diharapkan. ”Terlihat antusias dari warga Indonesia untuk mensukseskan Pemilu Legislatif ini datang dari tempat jauh ke Konsulat untuk melakukan pencoblosan surat suara. Warga kita di Vanimo terlihat ceria selama berada di Konsulat dan semua selamat kembali ke tempat bekerja masing-masing”.

 

Acara Pemungutan suara di Konsulat Vanimo dijadikan warga juga sebagai kumpul dan silaturami sesama warga. Kosnulat juga melakukan pendekatan dengan pihak majikan dan manajemen Perusahaan Perkayuan di Vanimo ini untuk memberikan ijin kepada pekerjanya untuk lakukan pencoblosan di Konsulat.

 

 ”Acara berjalan dengan baik, lancar dan aman juga berkat dukungan  keamanan PNG yang menugaskan aparatnya berjaga-jaga di Konsulat”, Konsul menambahkan.

 

Sebagian besar warga negara Indonesia di wilayah kerja Konsulat RI Vanimo ini adalah warga kita yang bekerja di Perusahaan Penebangan kayu milik Malaysia di kawasan hutan Propinsi Sandaun (DPT PPLN Konsulat RI Vanimo sebesar 634 orang). Kantong dan konsentrasi Pemukiman Pekerja Indonesia di Propinsi Sandaun adalah berada di Bewani, bekerja di perusahaan perkayuan dan kelapa sawit yang diperkirakan hampir separuh dari total jumlah warga Indonesia. Selain itu, jumlah warga Indonesia dalam DPT ini termasuk pula diantaranya  staf Konsulat RI Vanimo sebanyak  13 orang dan warga Indonesia yang tinggal di Aitape, Kiungga.

 

Pemungutan suara yang diadakan di Konsulat RI Vanimo tersebut juga diliput oleh Radio NBC PNG dan telah disiarkan dalam berita pagi nasional Radio NBC pada Hari Minggu, 6 April 2014.

 

Hasil Pemungutan suara akan dilakukan pada Hari Rabu, 9 April 2014 dan akan diumumkan pada hari yang sama bertempat di Konsulat RI Vanimo.