Lomba Lari 10 K sukses: Indonesia dominasi, PNG kuat dikategori Putri

Pada Hari ini Rabu, tanggal 2 September 2015 Jam 08.30 telah dilaksanakan Lomba Lari 10K (10K Run) di Perbatasan RI-PNG (Skouw-Wutung). 500 atlit dan pelari dari Jayapura dan Vanimo turut ikut dalam perlombaan lari dengan Thema “Run For Friendship”.

Acara dimulai dengan Pelepasan oleh Konsul RI di Vanimo dan Wakil Sekda Pemprov Sandaun, Conrad Tilau yang dalam sambutan menyampaikan bahwa kegiatan lomba lari ini merupakan kegiatan Tahunan (Tahun yang keempat) antara Pemprov Papua dengan Pemprov Sandaun PNG bekerjasama dengan instansi-instansi terkait lainnya. Secara khususu Konsul menegaskan kembali bahwa pelaksanaan lomba ini merupakan cerminan persahabatan antar kedua negara, khususnya hubungan antar masyarakat atau People to People contact oleh karena itu di tahun-tahun mendatang, diharapkan tidak hanya diikuti pelari dari PNG dan Indonesia saja, namun juga dapat diikuti peserta dari dari negara-negara pasifik lainnya.
Turut Hadir menyaksikan acara pelepasan para pelari yang diadakan di KM 8 Kampung Mosso tersebut adalah Danrem 172/PWJ, Asisten III Sekda Propinsi Papua, Asisten III Setda Kota Jayapura, Pejabat Kepolisian Polda Papua, Kodam XVII Cenderawasih, insan olah raga dan warga masyarakat Indonesia dan PNG yang ada di perbatasan. Sedangkan dari PNG selain Wakil Sekda Pemprov Sandaun yaitu Ketua Komisi Ekonomi dan Fiscal Nasional PNG Mr. Hohora Suve, Konjen PNG di Jayapura, Pejabat Pemprov Sandaun dan utusan warga masyarakat PNG dari Vanimo.
Lomba lari menempuh jarak 10 KM tersebt berjalan dengan baik yang mana Lomba terbagi dalam 2 (dua) kategori, yakni, kategori umum, terdiri atas kelompok pria dan wanita, serta kategori Pelajar juga melombakan kelompok yang sama dengan garis finish berada di Wutung Village PNG (sekitar 2 KM dari Neutral zone).
Lomba lari 10 K di Perbatasan RI-PNG yang mengambil tempat start di KM 5 Skouw dan tempat finish di KM 5 Wilayah Wutung – PNG dengan jarak ini dimenangkan oleh :
Kategori Umum Putra  Juara 1 : Adhar (RI) catatan waktu : 39 : 28 : 99, memperoleh hadiah trophy dan uang pembinaan, Juara 2 : Yance Aninam (RI)  : 39:33: 41, hadiah trophy dan uang tunai Pembinaan, dan  Juara 3  Maikel Wantik (RI) 40:08:42, hadiah trophy dan uang pembinaan.
Sedangkan di Kategori Umum Putri  Juara  1  diraih Alfrida Matuan, (RI) dengan catatan waktu 45 :17:03   hadiah trophy dan uang Pembinaan dan Juara 2 :  Kumsymel (PNG) 49:58:17 hadiah trophy dan uang pembinaan  serta Juara 3 Dalsi (PNG) : 52:33:27 hadiah trophy dan uang pembinaan.     Kategori Pelajar Putra  Juara 1 diraih  Fernando (RI) dengan catatan waktu 40 : 21 : 00, hadiah trophy dan uang Pembinaan, Juara 2 : Essau Elodere (RI) : 41:05:20,  hadiah trophy dan uang pembinaan  dan Juara 3 : Gerson Dial (RI) : 42:01:00, hadiah trophy dan uang pembinaan. Sedangkan Kategori Pelajar Putri  Juara 1 Rut S. Andarek (RI): catatan rekord 53 : 00:52 dengan hadiah trophy dan uang pembinaan, Juara 2 Jastina Pike (PNG) : 53:15:10 dengan  hadiah trophy dan uang pembinaan serta Juara 3 Nancy Okrema (PNG) : 53:14:74 dengan hadiah trophy dan uang pembinaan.
Dari urutan pemenang dimakasud, Tim Pelari Putri PNG kuat di nomor lari putri.
Acara penyerahan trophy kepada para pemenang diserahkan oleh Asisten 3 Setda Propinsi Papua Rossina Upessy, Wakil Sekda Pemrov Sandaun Conrad Tilau dan Asisten 3 Setda Kota Jayapura Frans Pekey bertempat di Kampung Wutung PNG dengan disakasikan warga masyarakat sekitarnya.