Konsulat RI Vanimo Bekerjasama dengan PHRI Papua Selenggarakan Festival Makanan Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Konsulat RI Vanimo bekerjasama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI Papua) promosikan cita rasa masakan Indonesia dengan menggelar Acara Festival Masakan Indonesia di Vanimo Beach Hotel Papua Nugini tgl 16 Maret 2013. "Dalam mempromosikan masakan khas Indonesia ini 2 chef dan 4 juru masak dari Swissbelt Hotel dan Hotel Sahid Papua didatangkan secara khusus dari Jayapura menyajikan cita rasa  masakan Indonesia seperti gado-gado, nasi goreng, kari ayam, ikan bumbu kuning, sate dan makanan khas Papua Papeda (sagu)”, kata Konsul RI di Vanimo, Jahar Gultom.

 

Festival makanan dengan thema Great Food, Great Peoples ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Propinsi Sandaun, Hon. Amkat Mai dan Sekda Kota Jayapura, dihadiri 300 undangan baik kepada pejabat tinggi Pemprov Sandaun maupun kepada pimpinan perusahaan yang ada di Vanimo dan sekitarnya.

 

Melalui kegiatan promosi makanan ini, selain pengenalan Gastronomi Indonesia juga sebagai upaya dalam meningkatkan kunjungan  wisatawan dari Papua Nugini khususnya dari Propinsi Sandaun ke Indonesia. “Kalau mereka sudah suka dan senang dengan masakan Indonesia tentu mereka akan cari makanan Indonesia; yaitu berkunjung ke Jayapura sebagai kota tetangga terdekat dari Vanimo”, kata Jahar Gultom.

 

Lebih lanjut Konsul RI di Vanimo menyampaikan dengan penyelenggaraan Festival makanan yang baru pertama kali diadakan di Vanimo ini, merupakan dimensi baru dalam mempererat hubungan antara Indonesia-PNG. “Minggu lalu baru kita adakan pertandingan persahabatan cabang olahraga antara kota Jayapura dan Vanimo; sekarang kita adakan Festival makanan Indonesia. Ini dimensi baru dalam melekatkan people to people contact yang pada akhirnya mempererat hubungan Indonesia dan PNG”.

 

Sementara itu, Pelaksana Fungsi Ekonomi KRI Vanimo, Sahid Nurkarim menambahkan Numbay Band dari Jayapura yang membawakan lagu-lagu Tradisional Indonesia memeriahkan acara festival “Pengunjung sambil mencicipi makanan, di dihibur lagu-lagu daerah Indonesia”. Tidak hanya dihibur oleh vocal Group asal Jayapura, Pengunjung festival juga dihibur Group Tradisional setempat Tolai Weeping Dancing Group”.

 

Sandaun merupakan salah satu propinsi di Papua Nugini dengan Ibukota Vanimo. Provinsi dengan penduduk 200 ribuan orang ini berbatasan langsung dengan  Jayapura. Masyarakatnya yang hidup dari bercocok tanam dan dagang ini memiliki hubungan kekerabatan dan persaudaraan dengan Propinsi Papua. Sebagia besar kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari warga masyarakat setempat di Vanimo dan sekitarnya didatangkan dari Jayapura khususnya melalui pasar Perbatasan yang ada di Skouw. (Sumber : KRI Vanimo)