KETUA MAHKAMAH AGUNG PNG KUNJUNGI PENGADILAN TINGGI JAYAPURA

Ketua Mahkamah Agung PNG Honorable Sir Salamo Injia beserta Rombongan telah berkunjung ke Jayapura, pada hari Kamis, tgl 20 Agustus 2015. Turut bersama rombongan Provincal Administrator Provinsi Sandaun, Mr. Henry Norm.
Sesampai Di Perbatasan Skouw-wutung salamo Injia disambut Kami Konsul RI Vanimo, Kepala Badan Perbatasan Propinsi papua dan Wakil Konsul PNG Jayapura. Ketua Mahkamah Agung mengunjungi tugu monumen persahabatan RI-PNG (yang baru selesai dibangun), lokasinya berada di wilayah Indonesia - sekitar 10 meter dari neutral zone.
Siang hari Salamo Injia mengadakan pertemuan dengan Sudiwardono Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura yang dalam pertemuan didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi dan para Hakim Tinggi. Sir Salamo Injia menyampaikan bawa kunjungannya ke Papua ini merupakan kunjungan tidak resmi dan baru pertama kali ke Indonesia, untuk melihat secara langsung kemajuan pembangunan dan aktivitas mayarakat di Propinsi Papua Indonesia khususnya kota Jayapura (yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini). Kunjungan juga menjalin silaturahmi dan bertukar pendapat tentang kondisi dan permasalahan hukum di kedua Institusi Hukum antara Indonesia (khususnya di Papua) dan Papua New Guinea. Ketua MA PNG tsb  menambahkan bahwa  pada  tanggal 17 Agustus 2015, beliau  bersama Tim MA PNG berada di Vanimo meresmikan A National and Supreme court sub-registry Pengadilan Tinggi Propinsi Sandaun, oleh karena itu ke depan silaturahmi dan tukar pandang permasalahan hukum kedua negara (kedua Provinsi) terbuka untuk terus dilanjutkan.
Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, Sudiwardono dalam pertemuan  menjelaskan gambaran cakupan tugas Pengadilan Tinggi Jayapura menangani perkara-perkara yang diputus oleh Pengadilan Negeri yang ada di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Kemudian Ketua Pengadilan Tinggi menjelaskan pula jumlah hakim yang dimiliki termasuk hakim yudisial dan hakim adhoc menangani perkara pidana dan perdata serta kisaran total perkara-perkara yang sedang ditangani.
Selain berkunjung ke Kantor Pengadilan Tinggi Jayapura, Ketua Mahkamah Agung PNG ini juga melihat-lihat beberapa pembangunan infrastruktur ruas jalan dan fasilitas umum kota Jayapura yang terus bekembang dan dibenahi. Kami perkenalkan pula Pasar Hamadi, pasar mama-mama sebagai pasar tradisional, kawasan bisnis di Entrop dan Jayapura Mall yang menunjukan adanya geliat dan perputaran roda perekonomian masyarakat.