Gubernur West New Britain – PNG Akui Berbagai Kemajuan Pembangunan dan Hal Positif di Papua

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Gubernur Provinsi West New Britain Sasindran Muthuvel akui kemajuan Pembangunan dan hal positif di Papua. Demikian disampaikan ketika menjawab pertanyaan wartawan mengenai kesannya mengunjungi Papua  beberapa waktu lalu. “Saya memang banyak mendengar mengenai isyu Papua ini, namun dengan datang kesini saya saksikan sendiri ternyata banyak kemajuan pembangunan dalam berbagai Bidang yang bermanfaat bagi masyarakat Papua dan hal-hal positif lainnya”.

 

Gubernur Prov. West New Britain, Hon. Mr. Sasindran Muthuvel,MP  disertai Gubernur Sandaun, Hon. Amkat Mai, MP dan rombongan berada di Jayapura dalam kunjungan singkat. Konsul RI Vanimo, Jahar Gultom turut menyertai kunjungan ini ke Jayapura dan mengacarakan pertemuan dengan instansi terkait di Papua seperti Gubernur Prov Papua,KADIN dan wawancara dengan media di Jayapura.

 

“Kunjungan Gubernur Prov West New Britain (yang juga anggota Parlemen PNG) ke Prov Papua kami prakarsai bersama Gubernur Sandaun dengan maksud selain upaya mempererat dan meningkatkan hubungan antara Indonesia dan PNG juga bermaksud untuk memberi gambaran langsung kepada Hon. Sasindran Muthuvel mengenai kondisi riil pembangunan di Prov Papua (informasi positif), yang sangat berbeda dengan anggapan beberapa pihak di PNG yang masih kurang bersimpatik terhadap Indonesia”, kata Jahar Gultom.

 

Hon. Sasindran Muthuvel (WN PNG keturunan India) terpilih menjadi Gubernur sebagai hasil Pemilu tahun lalu di PNG, kunjungannya ke Papua merupakan kunjungan pertama ke wilayah Indonesia.

 

Pada Pertemuan dengan Kadin Propinsi Papua dibicarakan mengenai upaya-upaya dalam meningkatkan hubungan perdagangan antara Provinsi Papua dengan  Provinsi Sandaun dan Provinsi West New Britain. Gubernur Sasindran Muthuvel  mengharapkan kerjasama KADIN Papua kiranya tidak semata dengan Propinsi Sandaun (sebagai wilayah tetangga terdekat) akan tetapi dapat juga dijajaki dengan propinsi West New Britain.

 

Menurutnya, West New Britain salah satu propinsi dengan jumlah penduduk hampir 300.000 jiwa cukup berkembang; terkenal dengan eksport palm oil dan potensi lainnya yang dimiliki khususnya bidang Perikanan, Pariwisata dan juga teknologi pemrosesan minyak menjadi produk siap pakai, dapat dijajaki kerjasama bisnis dan perdagangan dengan Indonesia.

 

 Staf khusus Gubernur Bidang ekonomi dan Pejabat dari Dinas Perdagangan Pemprov Papua yang juga hadir dalam pertemuan tersebut menyambut baik atas tawaran dan peluang produk Indonesia ke Propinsi West New Britain dalam  memenuhi kebutuhan warga dan usaha di Propinsi West New Britain sebagaimana ditawarkan oleh Gubernur Sasindra Muthuvel. Disisi lain, pihak  KADIN Papua menyampaikan pula bahwa pihaknya tertarik mengenai pengembangan tanaman kopi sebagai komoditi ekspor di Goroka PNG yang dapat diterapkan di Papua.

 

Oleh karena itu, KADIN Papua  bekerjasama dengan Pemprov Papua dalam tahun ini merencanakan  road show pengusaha Indonesai asal Papua  ke beberapa Propinsi di PNG.

 

Selama berada di Papua Gubernur West New Britain dan Gubernur Sandaun juga mengadakan pertemuan dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe. Gubernur Papua menyambut baik kunjungan Gubernur Sasindran Muthuvel dan Gubernur Amkat Mai ke Jayapura sebagai refleksi eratnya hubungan Indonesia dan PNG.

 

Gubernur Lukas Enembe menambahkan rencananya untuk berkunjung ke Port Moresby dan beberapa Propinsi di PNG disertai anggota MPRP dan DPRP serta pengusaha (KADIN) dalam menjajaki kerjasama di berbagai bidang antara Indonesia (Pemprov Papua) dengan Propinsi di PNG.

 

Oleh karena itu, pihaknya dalam waktu dekat akan menyampaikan usulan konkrit kerjasama yang dapat dijajaki bersama sehingga kunjungan ke PNG selain terencana dengan baik juga dilengkapi dengan langkah-langkah tindak lanjut. (Sumber : KRI Vanimo)