Solidaritas Masyarakat Indonesia di Alberta untuk korban Gempa di Sumbar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Masyarakat Indonesia di Provinsi Alberta mengadakan acara pengumpulan dana (fund raising) untuk korban gempa di Sumatere dalam dua hari berturut turut, yakni di  di Calgary pada 31 Oktober 2009 dan di Edmonton pada 1 November 2009. engumpulan dana di Calgary dihadiri lebih dari 300 orang diantaranya anggota Dewan Legislatif Alberta, Mr. Wayne Cao.
 
Pengumpulan dana dilakukan dengan menjual tiket masuk, penjualan makanan Indonesia, dan silent auction barang-barang sumbangan para sponsor dan pengunjung serta kotak sumbangan untuk korban Gempa Sumbar. Total dana terkumpul dari acara tersebut adalah sekitar C$ 9,000.00. Dana akan diserahkan langsung ke Padang, Sumatera Barat oleh salah satu masyarakat Indonesia yang akan ke Padang, bulan ini. Untuk mengenang korban gempa di Sumatera Barat, dalam acara tersebut diputar video clip kejadian gempa bumi di Sumbar. Untuk menghibur para pengunjung, masyarakat Indonesia di Calgary juga mempersembahkan tarian Sumatera Barat, Lagu-lagu Daerah Sumatera Barat dan lagu Indonesia lainnya.
 
Pengumpulan dana oleh masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Edmonton Indonesian Community Association (EICA) dilakukan pada 1 November 2009 dengan melakukan penjualan tiket makan malam, silent auction dan membuka kotak sumbangan. Hasil pengumpulan sumbangan direncanakan juga akan diserahkan langsung ke Sumatera Barat. Diperkirakan lebih dari 200 orang hadir pada acara tersebut. Guna memeriahkan malam pengumpulan dana, juga ditampilkan tari-tarian Sumatera Barat sumbangan Masyarakat Indonesia di Calgary dan tarian Sumatera Selatan serta lagu-lagu Minang dan oleh warga Indonesia di Edmonton.
 
Pada kedua acara pengumpulan dana tersebut, Acting Konjen RI menyampaikan antara lain ucapan terimakasih atas penyelenggaraan tersebut yang merupakan bentuk solidaritas sesama bangsa Indonesia di luar negeri atas bencana yang menimpa saudaranya di Indonesia. Pengumpulan dana juga dapat meringankan beban Pemerintah Indonesia dalam proses penanganan/ pembangunan kembali akibat gempa.