RESEPSI HUBUNGAN DIPLOMATIK RI-KANADA DI VANCOUVER

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

RESEPSI DIPLOMATIK HUT KE-67 RI DAN HUT KE-60 HUBUNGAN DIPLOMATIK RI-KANADA DI VANCOUVER


KJRI Vancouver telah menyelenggarakan resepsi diplomatik dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI dan Hari Ulang Tahun ke-60 Hubungan Diplomatik RI-Kanada di Terminal City Club, Vancouver, tanggal 12 September 2012.


Acara dihadiri oleh sekitar 230 undangan, antara lain Menteri Pendidikan Tinggi, Inovasi, Teknologi dan Multikulturalisme Provinsi British Columbia, John Yap, para anggota Parlemen Provinsi British Columbia, Walikota Victoria, para walikota di Greater Vancouver, korps konsuler, mantan duta besar Kanada untuk Indonesia, Rektor Simon Fraser University (SFU), para pengusaha, akademisi, dan tokoh masyarakat Indonesia di Vancouver dan sekitarnya. Selain itu, hadir pula Kepala Adat Suku Dayak Wehea, Ledjie Taq, penerima Penghargaan Kalpataru dan Bintang Jasa Pratama, didampingi oleh Brent Loken dari NGO "Integrated Conservation". Ledjie Taq, yang sempat diperkenalkan kepada tamu undangan, berkunjung ke Vancouver guna mempromosikan keanekaragaman hayati dan konservasi hutan lindung Wehea ke berbagai kalangan di Kanada barat.


Konsul Jenderal RI Bambang Hiendrasto dalam sambutannya antara lain menyebutkan ciri multietnis dan multikultur Indonesia sebagai negara/bangsa sejak awal kemerdekaannya menjadi karakteristik Indonesia modern dewasa ini. Sebagaimana Kanada, Indonesia bangga menjadi negara yang multietnis dan multikultur dan akan terus mempertahankannya. Disampaikan pula tentang perkembangan ekonomi Indonesia sebagai negara berpenghasilan menengah dan termasuk 15 terbesar di dunia. Konjen juga menyampaikan bahwa Indonesia membutuhkan investasi sangat besar dalam rangka merealisasikan MP3EI, khususnya pembangunan infrastruktur.


Selanjutnya diungkapkan bahwa perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini lebih spesial karena bertepatan dengan perayaan HUT ke-60 Hubungan Diplomatik RI-Kanada. Terkait dengan itu, Menlu RI telah bertemu dengan Menlu Kanada di Ottawa pada 23 Agustus 2012 dan keduanya menandatangani "Joint Declaration by the Government of the Republic of Indonesia and the Government of Canada on Enhancing Bilateral Consultations". Necara perdagangan kedua negara terus meningkat dan mencapai 2,9 miliar dolar pada tahun 2011.


Khusus mengenai hubungan Indonesia dengan wilayah barat Kanada, dijelaskan bahwa dalam beberapa tahun terakhir semakin berkembang, antara lain ditandai dengan kunjungan pejabat pemerintah, anggota parlemen, mahasiswa/pelajar, misi dagang dan budaya. Sehubungan dengan perayaan HUT ke-60 Hubungan Diplomatik RI-Kanada, KJRI Vancouver telah melakukan beberapa kegiatan, antara lain ikut serta dalam Canada Day Parade pada 1 Juli 2012 di Steveston, Richmond dan Vancouver, serta bekerja sama dengan SFU menyelenggarakan kegiatan seni-budaya "ADAB: Expressions of Indonesia Cultures" pada 17 Juli 2012.


Konjen RI juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah dan masyarakat khususnya di wilayah barat Kanada atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan kepada KJRI Vancouver dan masyarakat Indonesia yang berada di British Columbia, Alberta, Yukon, dan Northwest Territories, serta berharap adanya peningkatan hubungan kerja sama kedua negara.


Menteri John Yap yang hadir mewakili pemerintah provinsi British Columbia dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang besar dan sebagaimana Kanada, Indonesia adalah negara multietnis dan multikultur. Menteri John Yap kemudian membacakan surat dari Premier Christy Clark yang intinya berisi ucapan selamat atas HUT RI dan mengharapkan komitmen bersama unntuk meningkatkan kerja sama di bidang budaya dan ekonomi.


Acara resepsi ini dibuka oleh MC, Margaret Gallagher, penyiar radio CBC (Canada Broadcasting Corporation) dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, "O Canada" dan "Indonesia Raya", yang dipandu oleh Paduan Suara Mahasiswa Indonesia di Vancouver.


Dalam rangka Perayaan HUT ke-60 Hubungan Diplomatik RI-Kanada ini, Konjen RI telah menyerahkan penghargaan berupa plakat dari KJRI Vancouver kepada tokoh dan institusi yang dinilai telah banyak memberikan kontribusi dalam pengembangan seni budaya Indonesia di wilayah barat Kanada, yaitu Dr. Michael Tenzer, (Professor School of Music, University of British Columbia) untuk promosi gamelan Bali, Jon Siddal (pengajar musik di Vancouver Community College) untuk promosi gamelan Sunda dan Simon Fraser University yang telah mempromosikan gamelan, khususnya gamelan Jawa sejak World Expo 1986 di Vancouver.


Untuk lebih memeriahkan acara, telah ditampilkan tari Bali `Sekar Jagat` oleh Ni Putu Suci Pramesti (14 tahun) dan peragaan bela diri oleh Loki Jorgenson, warga Kanada pelatih perguruan Maelstrom, Vancouver, dengan gerakan silat Mande Muda dan Gajah Wisesa dari Garut, Jawa Barat. Selanjutnya, sambil menikmati hidangan, antara lain lumpia, bakmi goreng dan rendang daging sapi, para tamu undangan dihibur oleh grup musik/vokal masyarakat Indonesia yang membawakan berbagai lagu daerah Indonesia dan lagu pop Barat.


Sebagai ucapan terima kasih dan untuk tanda ingat akan Indonesia, pada akhir acara setiap tamu yang hadir mendapat “gift bag” bernuansa batik megamendung, berisi buku travel guide Indonesia dan berbagai produk kemasan Indonesia: makanan/minuman, kecap, permen, kopi, dan kerajinan tangan serta USB - sumbangan dari para sponsor yaitu penerbit majalah wisata, importir makanan/minuman Indonesia dan perusahaan migas Kanada yang beroperasi di Indonesia serta dari KJRI dan ITPC Vancouver.


Dirgahayu Republik Indonesia!
Dirgahayu Persahabatan Indonesia-Kanada!