Pertunjukan Gamelan Extravaganza, 28 Maret 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pertunjukan Gamelan Jawa, Bali, dan Sunda di Vancouver, Kanada

 

1.         Pada tanggal 28 Maret 2010, KJRI Vancouver menyelenggarakan Gamelan Extravaganza, di Roundhouse Community Arts and Recreation Centre, Vancouver. Pentas Gamelan menampilkan lima kelompok Gamelan yang ada di Vancouver, yakni Gamelan Madusari dan SFU Students Gamelan (Jawa), Gamelan Gita Asmara dan UBC Students Gamelan (Bali) dan Si Pawit dari Vancouver Community College (VCC) Students Gamelan (Sunda). Seluruh pemain tersebut berjumlah sekitar 80 orang yang 90 persen diantaranya adalah masyarakat Kanada.

 

2.         Pertunjukan tersebut berlangsung dari pukul 2 s/d 5 sore dihadiri oleh lebih dari 600 orang yang memadati gedung pertunjukan yang terletak di tengah kota Vancouver. Sebagian besar pengunjung atau kurang lebih 80% diantaranya adalah warga masyarakat Kanada. Beberapa jajaran korps Konsuler BC juga hadir, diantaranya Dean BC Consular Corps, Konjen Chile di Vancouver, Mdm. Maria E. Cuevas Bernales.

 

3.         Acara yang dipandu oleh penyiar radio Canada Broadcasting Corporation (CBC), Margareth Galagher, dibuka oleh Konjen RI Vancouver yang antara lain menyampaikan bahwa setelah Batik, Keris dan Wayang Kulit yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia, saat ini Pemerintah Indonesia juga sedang mendaftarkan Gamelan, Keris dan Angklung ke UNESCO sebagai warisan budaya dunia non benda. Konjen RI juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada para musisi Gamelan dan penari atas dedikasi dan komitmennya selama ini untuk melestarikan Gamelan di wilayah barat Kanada.

 

4.         Pertunjukan diawali dengan Gamelan Jawa oleh kelompok Gamelan Madusari dan SFU Students Gamelan. Mereka menampilkan gending Ladrang Diradameta, A Paisley Horse ciptaan Sam Salmon, Gending Lancaran Rena-Rena yang mengiringi tari Gambir Anom dan Gending From Heaven to Earth ciptaan Ben Rogalsky. Gending From Heaven to Earth merupakan perpaduan antara music Gamelan Campur Sari, Keroncong, music Country dan dinyanyikan oleh salah satu penyanyi Country Canada Joanna Chapman Smith. Sedangkan kelompok Si Pawit dari VCC Students Gamelan menampilkan gending-gending Mypongan karya Jon Siddal, The Greenhouse Revisited karya Jon Siddal, Haikai karya John Cage, North of Java karya Andrew Timar dan Gending Gudril. Gending-gending yang dimainkan oleh kelompok Si Pawit tersebut merupakan gending-gending kontemporer yang menggunakan alat musik gamelan Sunda, kecuali gending Gudril yang masih asli. Pertunjukan yang selalu ditunggu masyarakat Vancouver setiap tahun tersebut diakhiri dengan Gamelan Bali oleh Kelompok Gamelan Gita Asmara dan UBC Students Gamelan. Mereka menampilkan gending Angklung Anyar aransemen I Wayan Sudirana, gending Panji Semirang dengan tarian Ni Putu Widiantini, gending Navadaza (premiere) karya I Wayan Sudirana dan Gending Puja Prasamya untuk mengiringi penari Meris Goldman, Anya Pintak dan June Lam.

 

5.         Untuk melengkapi pentas seni-budaya dalam promosi Indonesia, juga disajikan makanan Indonesia yang dijual oleh restaurant Indonesia, Sweet Chilly Cafe dengan menu nasi  rendang, sate, gado-gado dan berbagai makanan kecil khas Indonesia. KJRI Vancouver juga berkesempatan membuka booth wisata Indonesia yang menampilkan berbagai brosur wisata, paket wisata ke Indonesia oleh agen perjalanan Silk Holidays. Di tengah-tengah pertunjukan, KJRI Vancouver juga memutar video promosi pariwisata Indonesia dan berbagai foto-foto Indonesia di layar panggung pertunjukan. Acara tersebut juga diliput oleh Shaw TV, Fairchild TV, Talk Travel TV, dan Asia Pacific Post.

 

Vancouver, 30 Maret 2010