Pembukaan Kantor Dagang dan Investasi Provinsi BC di Indonesia

​​

Sebagai bagian dari rencana Pemerintah Provinsi BC untuk mengembangkan hubungan dagang dengan ASEAN, Menteri Pertanian BC, Norm Letnick, pada tanggal 10 Desember 2015 di Richmond, BC, mengumumkan bahwa BC akan mendirikan kantor perwakilan dagang dan investasi di Indonesia. Sebelumnya Pemerintah BC pada tanggal 4 Desember 2015 lalu mengumumkan akan membuka kantor perwakilan dagang dan investasi di Filipina.

Lebih lanjut, Norm Letnick, menyampaikan bahwa dengan mempertimbangkan pesatnya pertumbuhan perekonomian dan potensi pasar negara-negara Asia maka Pemerintah BC menetapkan strategi untuk lebih mengembangkan hubungan perdagangan dan investasi dengan negara-negara di kawasan Asia, khususnya untuk beberapa sektor yang menjadi prioritas yaitu agrifoods, teknologi, dan green energy. Strategi tersebut diarahkan pada tiga sasaran, yakni meningkatkan ekspor BC ke Asia, investasi timbal balik, dan peningkatan hubungan perekonomian dengan negara-negara di Asia. Dalam kaitannya dengan Indonesia, Hon.Norm Letnick mengapresiasi hubungan perdagangan Indonesia - BC yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Keberadaan perusahaan Indonesia di BC,Paper Excellence, dinilai memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian BC.
Sebagai salah satu implementasi strategi dimaksud, atas nama Pemerintah BC,  Norm Letnick mengumumkan secara resmi pembukaan Kantor Perwakilan Perdagangan dan Investasi Provinsi BC di Jakarta. Indonesia sebagai pasar terbesar di ASEAN dinilai tepat untuk mendukung pengembangan perdagangan dan investasi BC di kawasan Asia, khususnya dalam menyambut pelaksanaan ASEAN Economic Community sebagai pasar tunggal terbesar ke-3 di Asia, setelah China dan Jepang. Dengan pembukaan kantor perwakilan perdagangan dan investasi BC di Indonesia, diharapkan dapat mendorong pencapaian target dimaksud.
Dalam kesempatan tersebut Konjen RI menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia menyambut baik pembukaan kantor Perwakilan Perdagangan dan Investasi BC di Indonesia, dan meyakini bahwa keberadaan kantor perwakilan tersebut akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk peningkatan kerja sama perdagangan yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di kawasan Asia Tenggara dan memiliki sumber daya alam yang melimpah, Indonesia merupakan negara yang dengan kekuatan ekonomi yang patut diperhitungkan. Pembukaan kantor perwakilan di Indonesia juga tepat waktu sehubungan dengan kebijakan pembangunan yang dikembangkan Pemerintah RI, yang membuka kesempatan bagi masuknya investor asing. Dari pihak Indonesia, keberadaan Kantor Perwakilan Perdagangan BC tersebut juga bermanfaat untuk mempermudah jalur komunikasi para pelaku usaha kedua belah pihak.
Dalam acara tersebut, Amb. Steward Beck, President Asia Pacific Foundation antara lain menyampaikan potensi Asia yang cukup besar dalam jangka panjang yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah BC untuk peningkatan hubungan perdagangan dan investasi. Pembukaan kantor perwakilan BC di ASEAN dinilai tepat, sehubungan dengan pembentukan ASEAN Economic Community sebagai pasar yang besar dengan jumlah penduduk sebanyak 600 juta orang.
Acara pengumuman tersebut dihadiri oleh Hon.Norm Letnick (Menteri Pertanian BC), Hon. Linda Reimer, MLA (Parliamentary Secretary), Mr.James Hammond (Assistant Deputy Ministe​r Kementerian Perdagangan Internasional BC), Amb.Stewart G.Beck(President Asia Pacific Foundation)Vice President perusahaan Dan-D Pak, Konsul Jenderal Jepang di Vancouver, wakil-wakil dari perusahaan asing di BC termasuk Paper Excellence, dan diliput oleh sekitar 6 media setempat.