PAGELARAN KESENIAN SISWA-SISWI IIEC-JAKARTA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Siswa-siswi International Islamic Education Council (IIEC) Jakarta yang menampilkan kesenian Indonesia dari provinsi Sumatera Barat dan Aceh memukau lebih dari 400 penonton pada Multicultural Festival di Burnaby, Provinsi British Columbia (BC) tanggal 26 Juni 2011. Festival tersebut diselenggarakan untuk memperingati “Hari Multikulturalisme Kanada” dengan menampilkan berbagai pertunjukan budaya mewakili komunitas yang tinggal di kota Burnaby antara lain China, Korea, India, Iran, Russia dan Brazil.

 

Keikutsertaan Indonesia dalam festival tahunan ini merupakan untuk pertama kalinya dengan memanfaatkan kehadiran para siswa-siswi IIEC yang transit di Vancouver dalam perjalanannya pulang ke Indonesia setelah melaksanakan kegiatan summer camp di Thompson River University(TRU), Kamloops, BC.

 

Penampilan Indonesia diawali dengan permainan talempong, gandang dan rebana yang menggetarkan dan sebagai pembukaan untuk penampilan tari penyambutan selamat datang berupa “Tari Pasambahan” dan dilanjutkan “Tari Galombang”, “Tari Randai”, “Tari Payung” yang memukau.

 

Unjuk kebolehan para siswa-siswi terus berlanjut dengan penampilan “Tari Saman” dari Aceh yang terkenal dengan gerakan dinamis dan membuat penonton memberikan apresiasi dengan tepuk tangan tiada henti.

 

Pada akhir pementasan para siswa-siswi IIEC menyanyikan lagu kebangsaan Kanada “O, Canada” sebagai tanda persahabatan Indonesia-Kanada yang membuat haru penonton termasuk anggota parlemen Provinsi BC, Richard T. Lee, yang juga Parliamentary Secretary for Multiculturalism, Parlemen Provinsi BC.

 

Para siswa-siswi IIEC kelas 7-10 yang berjumlah lebih dari 100 orang berada di provinsi BC dalam rangka menghadiri summer camp di TRU, Kamloops, BC. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara IIEC dengan Canadian Education Services International dan TRU. Tujuan summer camp tersebut adalah untuk memperkenalkan siswa-siswi dengan sistem pendidikan dan budaya Kanada, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa-siswi, memperkenalkan budaya Indonesia, dan menjalin persahabatan antara siswa-siswi Indonesia dengan siswa-siswi Kanada. Program di TRU terdiri dari program bahasa Inggris, program akademik, dan aktifitas-aktifitas olahraga di dalam dan luar ruangan.

 

Pada kesempatan penutupan summer camp di Kamloops tanggal 23 Juni 2011, para siswa-siswi berkesempatan mementaskan karya seni budaya Indonesia di hadapan civitas academica, host families dan peserta summer camp lainnya. Pentas karya seni dengan mengambil tema “Merantau” tersebut berlangsung sekitar dua jam di Auditorium Tower Clock Building,TRU yang berkapasitas 220 tempat duduk dan terisi penuh. Pentas seni tersebut mendapat sambutan yang sangat meriah dari penonton dan seperti diekspresikan oleh pidato penutupan oleh wakil civitas academica TRU “...telah meninggalkan kenangan yang mendalam bagi warga Kamloops”.

 

Vancouver, 27 Juni 2011