KJRI Vancouver Gagas Pertemuan Asosiasi-Asosiasi Masyarakat Asia Tenggara di Metro Vancouver

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KJRI Vancouver bersama dengan Persatuan Masyarakat Indonesia di British Columbia (Permai BC) mengadakan pertemuan “Meet and Greet” dengan pengurus asosiasi - asosiasi masyarakat Asia Tenggara di Metro Vancouver pada 5 Maret 2010 di Aula KJRI Vancouver. Selain para asosiasi masyarakat Asia Tenggara juga hadir Perwakilan Konsulat Jenderal negara-negara ASEAN yang berada di Metro Vancouver. Tujuan penyelenggaraan acara tersebut adalah untuk meningkatkan jaringan kerja dan kerjasama antar masyarakat Asia Tenggara yang tinggal di Metro Vancouver.

 

2.         Pada kesempatan tersebut Konjen RI menyampaikan antara lain bahwa “South East Asian Community Gathering” ini sangat penting, khususnya setelah berlakunya Piagam ASEAN yang mengubah ASEAN dari suatu asosiasi yang longgar menjadi organisasi berdasarkan aturan dengan tujuan utama mencapai masyarakat ASEAN pada tahun 2015 yang berlandaskan pada pilar politik, ekonomi dan sosial budaya. Dengan demikian, kegiatan ASEAN yang dimasa lalu didominasi oleh pejabat Pemerintah dan politisi maka kini saatnya bagi dunia bisnis dan masyarakat pada umumnya untuk lebih berperan. Hal ini merupakan tantangan bagi masyarakat Asia Tenggara di Metro Vancouver untuk ikut memberikan sumbangan nyata bagi terwujudnya masyarakat ASEAN. Dari pertemuan ini diharapkan muncul ide-ide kreatif mengenai bagaimana kerja sama di antara masyarakat Asia Tenggara di Vancouver dapat lebih ditingkatkan sejalan dengan tujuan bersama mencapai masyarakat ASEAN.

 

3.         Konjen Malaysia sebagai Ketua ASEAN-Vancouver Committee menyampaikan informasi beberapa kegiatan ASEAN-Vancouver Committee yang dapat melibatkan masyarakat Asia Tenggara di Metro Vancouver, seperti ASEAN Golf Tournament, yang telah berlangsung selama 16 tahun. Selain itu Konjen Malaysia juga mengusulkan kegiatan ASEAN Cultural Night, peringatan Hari ASEAN dan kegiatan sosial lain, seperti lomba olahraga yang popular di masyarakat Asia Tenggara, antara lain Bulutangkis dan Sepakbola.

 

4.         Selain Permai BC, asosiasi masyarakat Asia Tenggara yang hadir pada acara tersebut adalah Malaysia Association in BC (MABC), Malaysia-Singapore-Brunei Cultural Association (MSBCA), Thai Association, perwakilan berbagai asosiasi masyarakat Filipina di Vancouver, dan South East Asian-Canada Business Council (SEABC). Dalam sambutannya para perwakilan masyarakat Asia Tenggara di Metro Vancouver pada umumnya menghargai dan mendukung penyelenggaraan acara “Meet and Greet” ini sebagai langkah awal kerjasama dan peningkatan jejaring kerja sesama masyarakat Asia Tenggara di Metro Vancouver. Mereka juga menyambut baik gagasan kegiatan sosial dan promosi ekonomi dan seni-budaya bersama diantara masyarakat Asia Tenggara di Metro Vancouver.