Surat Keterangan Barang Pindah

Barang Pindahan adalah barang-barang keperluan rumah tangga yang karena kepindahan pemiliknya ke Indonesia yang semula berdomisili di Luar Negeri, kemudian dimasukkan kedalam Daerah Pabean Indonesia, dan barang-barang tersebut terdiri dari barang-barang rumah tangga yang diperuntukkan akan tetap sebagai bagian dari keperluan rumah tangga bersangkutan, yang dalam hal ini tidak termasuk persediaan barang dagangan dan barang larangan serta kendaraan bermotor.

Contoh barang umum dimasukkan sebagai barang pindahan seperti perabot rumah tangga, alat-alat dapur, buku-buku, piano, organ, dan alat musik lainnya, alat olahraga, televisi, radio, Video, LD/CD/DVD Player, Komputer (PC), Alat penyejuk udara dan barang lainnya yang lazim dimiliki oleh sebuah rumah tangga.

Pemasukan barang–barang tersebut dapat dibebaskan dari Bea Masuk dan pungutan–pungutan impor lainnya sepanjang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

 

A. PEMBEBASAN BEA MASUK ATAS BARANG PINDAHAN DAPAT DIBERIKAN KEPADA:

  1. Diplomat/Pejabat Negara/Pegawai Negeri Sipil/ABRI yang karena tugasnya ditempatkan di luar negeri beserta keluarganya yang dibuktikan dengan Surat Keputusan penempatan di luar negeri dan Surat Keputusan penarikan kembali ke Indonesia dari departemen yang bersangkutan.
  2. Pegawai Negeri Sipil/ABRI yang menjalankan tugas belajar di luar negeri sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun baik disertai keluarganya atau tidak yang dibuktikan dengan Surat Keterangan tugas belajar di luar negeri dari departemen yang bersangkutan.
  3. Pelajar, mahasiswa, atau orang yang belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan telah selesai belajar.
  4. Warga Negara Indonesia lainnya (Tenaga Kerja Indonesia/Anak Buah Kapal) kepindahannya harus dapat dibuktikan dengan surat keterangan resmi pindah yang ditanda syahkan/dilegalisir oleh Perwakilan RI setempat. Bertempat di luar negeri minimal 1 (satu) tahun secara terus menerus
  5. Warga Negara Asing yang karena pekerjaannya pindah ke Indonesia harus dapat dibuktikan dengan Surat ijin menetap dari Imigrasi dan Surat ijin bekerja dari Departemen Tenaga Kerja sekurang-kurangnya satu tahun

 

B. SYARAT-SYARAT MEMOHON SURAT KETERANGAN BARANG PINDAHAN:

  1. Mengajukan permohonan tertulis menjelaskan tentang maksud dan tujuan permintaan Surat Keterangan dan/atau Legalisasi Daftar Barang Pindahan yang memuat sekurang-kurangnya alamat di Indonesia, alamat terakhir di Kanada, tanggal kedatangan di Kanada dan tanggal kepulangan dari Kanada.
  2. Menyertakan daftar rincian yang ditandatangani oleh pemohon atas jumlah, jenis, dan perkiraan nilai barang pindahan di setiap box/kotak yang telah ditandasahkan.
  3. Menyertakan surat bukti kepindahan (salah satu dari poin A di atas).
  4. Menyertakan photocopy bukti Tiket pesawat.
  5. Menyertakan photocopy Paspor yang masih berlaku.
  6. Menyertakan photocopy salah satu dokumen status tinggal di Kanada dibawah ini yaitu:
    • Study Permit
    • Working Permit
    • Permanent Residence Card (depan dan belakang)
  7. Lama proses : 2 (dua) hari kerja
  8. Membayar biaya kekonsuleran sebesar C$ 20.00 per surat dalam bentuk Money Order ditujukan ke: Consulate of Indonesia

 

C. HAL LAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN:

    1. Barang pindahan yang diimpor dan diberikan fasilitas pembebasan bea masuk harus tiba bersama-sama pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.
    2. Diplomat/Pejabat Negara/Pegawai Negeri Sipil/ABRI/Mahasiswa yang masih bertugas/berdinas tinggal di luar negeri kemudian menjalankan cuti/liburan di Indonesia tidak berhak memperoleh kemudahan atas barang pindahan.
    3. Mahasiswa/Pelajar/TKI/ABK/Warga negara Indonesia lainnya yang bertempat tinggal/bertugas di luar negeri kurang dari 1 (satu) tahun tidak berhak memperoleh kemudahan atas barang pindahannya.
    4. Informasi selengkapnya mengenai Prosedur Barang Pindahan dapat dilihat di website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada alamat http://www.beacukai.go.id/index.html
    5. Hal dan Keterangan lain yang tidak dimuat pada informasi ini dapat ditanyakan langsung kepada bagian konsuler KJRI Vancouver dengan nomor telepon diatas.
    6. Bila Anda tidak dapat/ kesulitan menghubungi kami, mohon tinggalkan pesan pada mailbox kami dengan nama, nomor telpon dan maksud yang jelas dan kami akan segera menghubungi Anda.

       

      D. PENGIRIMAN MELALUI POS ATAU KURIR

      1. Permohonan paspor yang dikirimkan melalui jasa pos atau kurir hanya dapat dilakukan bila pemohon berada diluar Metro Vancouver atau karena berbagai hal tidak dapat datang ke KJRI Vancouver.
      2. Dengan alasan keamanan, dokumen-dokumen yang dikirimkan melalui jasa pos atau kurir harus melalui jasa pengantaran yang bisa dilacak/ memiliki Tracking Number (FedEx, UPS, Xpresspost, dan lain-lain) dan Signature Required on delivery.
      3. Menyediakan amplop pengembalian yang sudah dibayar (pre-paid return envelope) melalui jasa pengantaran yang bisa dilacak/ memiliki Tracking Number. FedEx, UPS, Purolator, DHL, Courier, Xpresspost dengan Signature Required on delivery.
      4. KJRI Vancouver tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan dan atau kerusakan Paspor dan Dokumen lainnya yang dikirimkan melalui pos atau kurir saat pengiriman. Catat dan simpan Tracking Number pengiriman anda untuk melacak dan mengetahui keberadaan pengiriman dokumen anda.

       

      Consulate General of the Republic of Indonesia

      Consular Services 
       Services Hours Monday to Friday, 09.30 a.m. – 12.30 p.m. 
       1630 Alberni Street, Vancouver, B.C. Canada V6G 1A6 
       Phone. (604) 682-8855 ext 227 or 228 
       Fax. (604) 662-8396 
       Email: consular@indonesiavancouver.org