Penggantian Surat Perjalanan RI Yang Hilang atau Rusak

Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI/Paspor) adalah dokumen milik negara yang harus dilindungi dan dijaga keberadaannya. Pemegang SPRI bertanggung jawab penuh atas SPRI yang dimilikinya. Paspor berlaku untuk masa 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkan.

Anda harus melaporkan dan mengganti Surat Perjalanan RI yang hilang atau rusak akibat kelalaian atau kecelakaan yang tidak disengaja kepada perwakilan RI.


 

PERSYARATAN PENGGANTIAN PASPOR HILANG

  1. Melaporkan kehilangan paspor ke bagian Konsuler KJRI Vancouver.
  2. Menyertakan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian setempat (Case Number atau Witness Statement tidak dapat kami terima).
  3. Mengisi formulir Penggantian Paspor.
    Formulir dapat diperoleh di KJRI Vancouver atau mengunduh pada link berikut icon_pdf FORMULIR PASPOR
  4. Mengisi surat Pernyataan Kehilangan Paspor.
    Formulir dapat diperoleh di KJRI Vancouver atau mengunduh pada link berikut icon_pdf SURAT PERNYATAAN KEHILANGAN
  5. Membuat surat kronologis kejadiaan saat kehilangan paspor yang ditandatangani oleh pemohon.
  6. Menyertakan photocopy paspor asli sebelumnya (halaman 1, 2, dan halaman Lapor Diri).
  7. Menyertakan photocopy Akta Kelahiran/ Surat Kenal Lahir/ Surat ganti nama.
  8. Menyertakan photocopy Permanent Resident Card (Maple Leaf Card) kedua sisi bagi WNI penduduk setempat atau fotocopy Surat pernyataan belajar (student permit) bagi mahasiswa atau fotocopy Working permit bagi pekerja.
  9. Pas foto pemohon sebanyak 2 (dua) lembar ukuran 5x7cm atau Canadian Passport Size (latar belakang putih).
  10. Menyertakan amplop pengembalian (return paid envelope/express post dengan Signature Required on Delivery) bagi pemohon yang mengirimkan melalui jasa pos.
  11. Biaya C$ 30.00 untuk penggantian kehilangan paspor karena kelalaian, C$ 20.00 untuk penggantian paspor rusak karena kelalaian, atau C$ 15.00 untuk penggantian akibat bencana alam atau kapal tenggelam, hanya dalam bentuk Money Order ditujukan ke (payable to): Consulate General of Indonesia.

 

PENGIRIMAN MELALUI POS ATAU KURIR

  1. Permohonan paspor yang dikirimkan melalui jasa pos atau kurir hanya dapat dilakukan bila pemohon berada diluar Metro Vancouver atau karena berbagai hal tidak dapat datang ke KJRI Vancouver.
  2. Dengan alasan keamanan, dokumen-dokumen yang dikirimkan melalui jasa pos atau kurir harus melalui jasa pos yang bisa dilacak / memiliki Tracking Number dan  Signature Request on Delivery (FedEx, UPS, Xpresspost, dan lain-lain).
  3. Menyediakan amplop pengembalian yang telah dibayar (pre-paid return envelope) melalui jasa pos yang bisa dilacak / memiliki Tracking Number dan  Singature Request on Delivery.
  4. KJRI Vancouver tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan dan atau kerusakan Paspor dan Dokumen lainnya yang dikirimkan melalui pos atau kurir saat pengiriman. Catat dan simpan Tracking Number pengiriman anda untuk melacak dan mengetahui keberadaan pengiriman dokumen anda.

 

HAL LAIN YANG PERLU DIPERHATIKAN:

  1. Lama proses : kurang lebih 3 (tiga) hari kerja.
    Ketidaklengkapan persyaratan, permohonan lebih awal dan/atau keterlambatan dapat mengakibatkan waktu proses lebih lama.
  2. Tidak melampirkan / mengirimkan dokumen asli kecuali diminta. Layanan konsuler tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan atau kehilangan dokumen asli.
  3. Layanan konsuler dapat menunda atau mengembalikan aplikasi yang tidak lengkap / tidak memenuhi syarat.
  4. Hal dan keterangan lain yang tidak dimuat pada informasi ini dapat ditanyakan langsung kepada bagian konsuler KJRI Vancouver.
  5. Bila Anda tidak dapat / mengalami kesulitan untuk menghubungi kami, mohon tinggalkan pesan pada voicemail kami dengan nama, nomor telpon serta maksud yang jelas dan kami akan segera menghubungi Anda.

    LAYANAN KONSULER
    Konsulat Jenderal Republik Indonesia
    1630 Alberni Street
    Vancouver, B.C., Canada V6G 1A6
    Phone: (604) 682 8855 ext. 227-228
    Fax: (604) 662 8396
    Email: consular@indonesiavancouver.org