WHO Dukung Inisiatif Indonesia Untuk Mendirikan Pusat Riset Influenza

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan dukungan atas inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendirikan sebuah pusat penelitian influenza di bawah kolaborasi WHO.

Direktur Jenderal WHO Margaret Chan mengungkapkan dukungan badan dunia itu pada pertemuan dengan Menteri Kesehatan Indonesia Endang Rahayu Sedyaningsih baru-baru ini di sela-sela Rapat Dewan Eksekutif WHO ke-126, demikian dilaporkan oleh Kantor Perwakilan Tetap RI di Jenewa dalam sebuah pernyataan hari Selasa.

Dukungan ini sangat penting untuk memungkinkan Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya memiliki kapasitas yang memadai untuk mendiagnosis dan melakukan penilaian risiko penyakit yang memiliki potensi untuk menjadi pandemi seperti H5N1 dan H1N1, kata pernyataan itu.

Dirjen WHO juga menyatakan dukungan bagi pembentukan sebuah pusat penanggulangan bencana di bawah kolaborasi WHO di Indonesia, katanya.

Hingga saat ini, pusat-pusat penanggulangan bencana sudah didirikan di sembilan daerah di Indonesia.
Margaret Chan memuji Indonesia atas upaya untuk mendirikan pusat-pusat penanggulangan bencana, berharap mereka bisa juag difungsikan sebagai pusat pelatihan bagi negara-negara lain.

(Sumber: antaranews.com)