Indonesia Ikut Meriahkan Festival Anggur Grombalia Tahun 2015

KBRI Tunis telah berpartisipai pada Festival Anggur Grombalia (Festival de la Vigne de Grombalia) yang diselenggarakan pada 16-26 Agustus 2015. Indonesia bertindak sebagai guest of honor bersama dengan Kedutaan Besar China di Tunisia pada pesta rakyat masyarakat Grombalia tersebut.

Festival Anggur Grombalia (Festival de la Vigne de Grombalia) dibuka secara resmi pada Sabtu, 16 Agustus 2015 oleh Menteri Pertanian Tunisia Mr. Saâd Seddik. Acara pembukaan tersebut juga dihadir beberapa pejabat pemerintah Tunisia antara lain: anggota parlemen Tunisia Mrs. Meherzia Labidi, Gubernur Nabeul Mr. Mohamed Akermi Hamdi, walikota Grombalia Mr. Habib Saoudi serta Dubes RI Tunis  Bapak Ronny P. Yuliantoro dan Dubes China untuk Tunisia Mrs. Yanhuan Bian.

Pada festival tersebut, Indonesia membuka stand promosi potensi ekonomi UKM Indonesia kepada masyarakat Tunisia pada Pameran Pertanian dan Ekonomi, Grombalia. Kehadiran pelaku usaha dari Indonesia pada pameran diharapkan semakin mengenalkan produk-produk unggulan Indonesia kepada masyarakat luas Tunisia. lebih jauh partisipasi tersebut diharapakan dapat meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara.

Selain itu, Indonesia juga menampilkan tarian tradisional grup tari Saman dan grup musik nasyid dari Persatuan Pelajar Indonesia (PPI-Tunisia) di gedung teater Grombalia. Pertunjukan seni dan budaya tersebut mendapatkan apresiasi yang positif dan meriah dari ratusan warga Grombalia yang memenuhi tempat acara tersebut. Kegiatan juga diliput oleh beberapa media televisi dan radio nasional Tunisia seperti Jandouba TV, Hannibal TV, Radio Cap FM dan Radio Jet Set Grombalia.

Festival Anggur Grombalia (Festival de la Vigne de Grombalia) merupakan salah satu festival tertua dan memiliki kekhasan tersendiri di Tunisia. Penyelenggaraan festival tahun 2015 merupakan yang ke-54. Dinamakan Festival Anggur karena mewakili mayoritas profesi masyarakat Grombalia yang bercocok tanaman anggur. Pembukaan Festival Anggur juga menandai dimulainya musim panen anggur oleh masyarakat di kawasan tersebut yang merupakan penghasil utama buah anggur di Tunisia. [KBRI Tunis/AG/HP]