Siaran Pers KBRI Tunis: Evakuasi 201 WNI dari Libya via Tunis

3/2/2011

 

Serah Terima 201 WNI Karyawan PT WIKA Eks-Libya Dari Dubes RI Untuk Tunisia Kepada Pimpinan PT WIKA

 

 

1.       Pada hari Selasa tanggal 1 maret 2011, bertempat di Wisma Duta, Les Berges du Lac, Tunis, telah dilaksanakan upacara serah terima 201 WNI karyawan PT Wijaya Karya (WIKA) dari Duta Besar RI untuk Tunisia, Muhammad Ibnu Said, kepada Direktur Wijaya Karya Bangunan SSI Joint Operation, Ridwan Abdul Munthalib, disaksikan oleh Ketua Tim Evakuasi Kemlu, Samsu Rizal, dan Wakil dari manajemen PT WIKA, Adrial Sjahrifin.

 

2.       Acara penyerahterimaan diawali dengan penandatanganan dokumen serah terima ke-201 karyawan PT WIKA oleh Dubes RI Tunis dan Pejabat WIKA.

 

3.       Acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh salah seorang perwakilan dari pekerja WIKA, dilanjutkan dengan sambutan dari Pejabat WIKA, dan sambutan Dubes RI Tunis.

 

4.       Mengawali sambutan, Sdr. Andreas mewakili seluruh pekerja WIKA yang akan dievakuasi, menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah RI, pihak Kemlu RI, KBRI Tunis dan KBRI Tripoli atas perhatian, perlindungan dan pengayoman yang telah diberikan selama proses evakuasi dari Libya, dan masa penampungan di Tunisia.

 

5.       Mewakili pihak manajemen PT WIKA, Ridwan Abdul Munthalib menyampaikan apresiasinya atas perhatian dan perlindungan yang telah diberikan oleh Pemerintah RI, serta kepada semua pihak terkait yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan perlindungan kepada WNI. Ia juga menyampaikan mengapa memilih Tunis sebagai tempat transit karena KBRI Tunis dianggap paling responsif dan siap dalam membantu evakuasi.  Selain itu,  Manajemen PT WIKA  terharu dengan keramahtamahan dan pelayanan KBRI Tunis sehingga  para pekerja merasa betah tinggal di Tunisia.     

 

6.       Dubes RI Tunis dalam sambutannya menyampaikan bahwa adalah tugas pemerintah untuk melindungi semua warga negara. Dikatakannya bahwa hal ini menunjukan besarnya komitmen Pemerintah dalam melindungi WNI di luar negeri, sesuai amanat konstitusi. Dubes RI mengungkapkan rasa syukur yang sedalam-dalamnya, bahwa meskipun menghadapi keadaan yang sulit, para WNI termasuk pekerja PT WIKA akhirnya dapat keluar dari Libya dengan selamat. Dubes RI juga menggarisbawahi bahwa keselamatan jiwa satu orang warga negara lebih mahal dari apapun.

 

7.       Dubes RI juga menyerukan agar rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia selalu ditumbuhkan, dan mengungkapkan penghargaan atas prestasi yang telah ditorehkan oleh PT WIKA di luar negeri yang mana menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Dubes mengharapkan agar dapat selalu dijaga semangat untuk tetap mengibarkan nama Indonesia di luar negeri, meskipun dalam kondisi yang sulit seperti ini. Dubes RI juga mengharapkan dukungan dan doa semua pihak agar Evakuasi Gelombang Kedua dari Libya ke Tunisia yang direncanakan tiba pada malam hari ini (1 Maret 2011) dapat berjalan lancar.

 

8.       Acara ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama.

 

9.       Direncanakan seluruh karyawan PT WIKA akan meninggalkan Tunis menuju Dubai pada hari Selasa, tanggal 1 maret 2011, pukul 14.30 waktu setempat, menggunakan penerbangan Emirates EK-3562, dan selanjut menuju Jakarta dengan menggunakan penerbangan Emirates dalam tiga jadwal penerbangan yang berbeda.

 

Tunis, 1 Maret 2011

KBRI Tunis