KUAI RI Tripoli Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Filipina untuk Libya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 19 September 2012, KUAI RI Tripoli mendapat kesempatan menerima kunjungan kehormatan Dubes Filipina untuk Libya, H.E. Mr. Oscar G. Orcine. Isu keamanan Libya menjadi topik utama yang dibicarakan selain isu-isu lain yang terkait dengan rencana kegiatan ASEAN di Libya. Pertemuan berlangsung dalam suasana akrab dan persahabatan ASEAN.

 

Pada kesempatan tersebut Dubes Orcine menginformasikan mengenai kedatangannya pada awal Agustus 2012 dan sampai saat ini masih menunggu tanggal yang ditetapkan Pemerintah Libya untuk penyerahan Credential . Situasi keamanan Libya diakui masih belum kondusif dan pemerintahan baru Libya di bawah kepemimpinan Perdana Mentri Abu Shagur diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan stabilitas keamanan Libya. Dalam kaitan ini, pemerintah baru Libya diharapkan juga dapat memberikan jaminan perlindungan keamanan bagi perwakilan asing yang terakreditasi di Libya.

 

Mengenai kegiatan ASEAN tahun 2013, dipandang perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mempererat komunitas ASEAN di Libya baik kegiatan olahraga maupun kegiatan-kegiatan lain yang membawa nama ASEAN, serta pembentukan ASEAN Committee in Tripoli. Rencana kegiatan tersebut akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan informal bulanan Kepala Perwakilan ASEAN.