Sosialisasi Kebijakan Pembinaan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri, Sousse, 21 November 2015

Sebagai pelaksanaan fungsi pembinaan dan perlindungan terhadap WNI di luar negeri, KBRI Tripoli bersama dengan KBRI Tunis melaksanakan kegiatan sosialisasi pada 21 November 2015 di kota Sousse mengenai kebijakan terkait pembinaan dan perlindungan bagi WNI di luar negeri yang dihadiri oleh 50 orang terdiri dari staf KBRI, mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang saat ini bermukim di Tunisia. 

Pada sambutannya Duta Besar RI Tunis menyampaikan bahwa acara sosialisasi tersebut diselenggarakan bukan hanya sebagai acara untuk menjalin silahturahmi, namun juga sebagai forum untuk berbagi informasi perkembangan politik dan keamanan di Tunisia dan kawasan sekitarnya.  Duta Besar RI Tunis juga menghimbau agar mahasiswa dan masyarakat Indonesia memanfaatkan teknologi digital untuk mendapatkan kebenaran informasi yang diterima. Duta Besar RI Tunis menekankan agar WNI harus memilah informasi yang telah diterima agar tidak menjadi korban ‘brainwashing’ radikalisasi teroris ISIS seperti yang terjadi pada fenomena foreign fighters yang tergabung di ISIS.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI Tripoli menyampaikan paparan mengenai konstelasi politik terkini Timur dan dampaknya terhadap bangsa Indonesia serta menghimbau agar mahasiswa dan masyarakat Indonesia tidak mudah terintimidasi dan terprovokasi atas permasalahan politik di kawasan Timur Tengah menjadi persoalan agama dan tidak membawanya ke tanah air. Duta Besar RI Tripoli juga kembali menekankan agar mahasiswa dan masyarakat Indonesia, khususnya yang sedang bermukim dan belajar di negara-negara rawan dan berbahaya agar senantiasa waspada terhadap bahaya kekerasan dan radikalisasi teroris ISIS dan kelompok radikal lainnya yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

Sepanjang acara, mahasiswa dan masyarakat Indonesia terlihat antusias menyerap informasi kebijakan pemerintah RI dalam merespon dan mengantisipasi perkembangan terkini situasi politik dan keamanan di Tunisia dan Libya.  Sosialisasi berjalan hangat dan diakhiri dengan foto bersama dan makan siang.