Paspor dan SPLP

​​​​​​​​​​​​Pembuatan (d/h Perpanjangan) Paspor Baru & SPLP

Paspor RI merupakan salah satu dokumen perjalanan resmi bagi Warga Negara Indonesia, yang dikeluarkan oleh kantor Imigrasi di seluruh Indonesia dan Perwakilan RI (KBRI dan KJRI) di luar negeri. Masa berlaku paspor adalah 5 tahun. Apabila masa berlaku paspor tinggal 6 bulan atau kurang, harap segera datang ke Perwakilan RI terdekat untuk memperbarui paspor. Selain paspor juga terdapat Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang berlaku selama 1 tahun, sebagai pengganti pasp​or dalam keadaan darurat. SPLP hanya dapat digunakan 1 kali untuk perjalanan pulang ke Indonesia. 

Semua kantor imigrasi di Indonesia dan hanya beberapa Perwakilan RI yang telah dilengkapi dengan Sistem Manajemen Informasi Keimigrasian (SIMKIM) yang dapat menerbitkan e-paspor, yang merupakan paspor RI versi terbaru. 

Saat​ ini, KJRI Toronto belum menerbitkan e-paspor, karena belum dilengkapi  SIMKIM.  Jenis paspor biasa yang diterbitkan di KJRI Toronto adalah: 24 halaman dan 48 halaman. Tidak ada perbedaan diantara keduanya, kecuali jumlah halaman dan biaya pembuatannya.  

Persyaratan

  1. Mengisi formulir permohonan paspor (fillable-form klik FormulirPaspor.pdf, mohon diisi dengan ketikan)
  2. Mengisi formulir lapor diri bagi yang belum terdaftar di KJRI Toronto (mengisi lapor diri klik disini​)
  3. Paspor lama yang dimiliki saat ini (setelah dicabut/cancel oleh KJRI, akan dikembalikan kepada pemilik paspor)
  4. Dokumen keimigrasian asli (Permanent Resident (PR) card kecuali untuk anak berusia maks. 18 tahun, study permit, work permit, visa
  5. 2 (dua) foto berwarna terbaru latar belakang putih /terang (4x6 / passport-size). Pose badan dan wajah menghadap ke depan, mata melihat kamera, tampak kedua telinga (kecuali berjilbab), tidak diperkenankan mengenakan topi, apabila mengenakan kacamata tidak boleh gelap/berbayang dan tidak dikenakan kacamata merosot menghalangi pupil mata
  6. Salinan Akte Lahir
  7. Membayar biaya dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate" sebesar CAD 40 (48 halaman).
  8. Untuk SPLP, pembayaran juga dilakukan dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate" sebesar CAD 7. 

KJRI dapat menerbitkan paspor baru bagi WNI yang paspornya rusak karena kelalaian maupun terkena musibah/hilang. Biaya penerbitan paspor karena alasan rusak/hilang diatur secara khusus, dengan detail dapat dilihat diSK_Tarif.pdf


​Paspor untuk Anak

Setiap WNI di luar negeri wajib memiliki paspor, tidak terkecuali anak yang baru lahir baik dari pasangan WNI yang secara otomatis berhak atas kewarganegaraan Indonesia, atau anak dari pasangan campur WNI dan WNA (anak berkewarganegaraan ganda). 

Berdasarkan UU No. 12 Tahun 2006 pasal 6, anak yang memiliki status kewarganegaraan ganda pada saat usianya 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin, anak tersebut harus menyatakan memilih salah satu kewarganegaraannya. Pernyataan tersebut disampaikan secara tertulis dan diberikan waktu paling lambat 3 (tiga) tahun setelah anak berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin.​

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.80-HL.04.01 Tahun 2007 pasal 9 anak yang memiliki status kewarganegaraan ganda dan belum menetukan pilihan kewarganegaraan dapat diberikan paspor Republik Indonesia yang masa berlakunya dibatasi hanya sampai anak yang bersangkutan berusia 21 (dua puluh satu) tahun.

  • Persyaratan

    1. Mengisi formulir permohonan paspor (fillable-form klik FormulirPaspor.pdf, mohon diisi dengan ketikan)
    2. Mengisi formulir lapor diri bagi yang belum terdaftar di KJRI Toronto (mengisi lapor diri klik disini​)
    3. Akta lahir asli yang diterbitkan oleh Pemerintah Kanada
    4. Salinan akta nikah orang tua (jika tersedia)
    5. Dokumen keimigrasian asli orang tua (Permanent Resident (PR) card, study permit, work permit, visa
    6. 2 (dua) foto berwarna terbaru anak, latar belakang putih/terang (4x6 / passport-size).
    7. Paspor asli orang tua
    8. Membayar biaya dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate", sebesar CAD 40 (48 halaman)​.

  • Orang tua juga DISARANKAN mengajukan Surat Kenal Lahir bagi anak, karena surat tersebut akan diperlukan oleh Kantor Catatan Sipil Indonesia untuk dasar penerbitan Akta Lahir Indonesia. Mohon isi formulir (klik Edited_Form_Kenal_Lahir.pdf).



    Waktu Pembuatan Paspor

    Setelah menerima seluruh kelengkapan dokumen yang disyaratkan, KJRI Toronto memproses berkas permohonan paspor dalam waktu 3 hari kerja, kecuali dalam keadaan darurat. 


    Penyerahan Berkas Permohonan Paspor

    Anda dapat menyerahkan berkas permohonan paspor Anda langsung ke Loket Konsuler KJRI Toronto pada hari Senin-Jumat, pukul 09.30-12.30 (kecuali pada saat bulan Ramadhan atau hari libur). 

    Anda juga dapat mengirimkan berkas permohonan paspor melalui pos (jangan menggunakan opsi signature-required) ke alamat sebagai berikut:

    Indonesian Consulate General
    129 Jarvis Street
    Toronto, ON
    M5C 2H6

    Pengiriman Paspor Baru melalui Pos

    Apabila menghendaki paspor baru dan paspor lama dikirimkan ke alamat Anda melalui pos, mohon menyertakan amplop balasan berbayar dan tercatat (trackable) yang telah dilengkapi dengan alamat jelas Anda. ​​