Legalisasi

(Tarif baru sejak ​16 Januari 2017)​


Sesuai dengan UU No. 30/2004 tentang Jabatan Notaris, pengertian legalisasi yaitu pengesahan tanda tangan pejabat atau pejabat umum yang diangkat pemerintah. Maksud dari legalisasi adalah pembuktian bahwa dokumen yang dibuat oleh para pihak itu memang benar ditandatangani oleh para pihak dan proses itu disaksikan oleh seorang Pejabat Umum (dalam hal ini adalah Notaris) pada tanggal yang sama dengan waktu penandatanganan itu. 

KJRI Toronto akan memberikan cap/stempel menjelaskan bahwa dokumen tersebut sesuai dengan naskah asli. Legalisasi oleh KJRI bukan dimaksudkan untuk mengesahkan isi dari dokumen tersebut. KJRI tidak menyediakan jasa penerjemah. 


Jenis legalisasi dokumen

  1. Legalisasi Dokumen yang dikeluarkan pemerintah/instansi Indonesia, biaya GRATIS
  2. Legalisasi Dokumen yang diterbitkan oleh pemerintah/instansi negara lain:
    • ​Dokumen bisnis, biaya CAD 150
    • Dokumen non-bisnis, biaya CAD 30
Dokumen yang diajukan WNA (non-paspor Indonesia) yang akan digunakan di Indonesia, harus mendapat legalisasi terlebih dahulu dari pemerintah Kanada, melalui  masing-masing provinsi:
Ontario
Official Documents Services​
Main Floor
222 Jarvis Street
Toronto ON  M7A 0B6
Telp: 416-325-8416
Fax: 416-325-8434
Manitoba
Commissioner for Oaths/Notary Public Office
1034 405 Broadway
Winnipeg, MB R3C 3L6
Telp: (204) 945-2654


Saskatchewan
Deputy Provincial Secretary
8th Floor, 1874 Scarth Street
Regina, SK S4P 4B3
Telp: (306) 787-2951

Legalisasi Surat Kuasa / Surat Pernyataan 

Persyaratan

  1. Paspor asli;
  2. Bukti ijin tinggal (Permanent Resident, Working Visa, Study Permit, Visa)
  3. Dokumen harus mencantumkan nama jelas, nomor paspor dan alamat di Kanada
  4. Dokumen​ harus ditandatangani di depan petugas konsuler. Apabila dokumen dikirimkan melalui pos, maka harus mendapat legalisasi telebih dahulu dari Pemerintah Kanada atau notaris publik
  5. Membayar biaya dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate", sebesar CAD 20

Legalisasi Dokumen Barang Pindahan
Persyaratan
  1. Definisi barang pindahan: barang-barang keperluan rumah tangga milik orang yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dibawa pindah ke dalam negeri. Pembebasan bea masuk tidak berlaku terhadap barang pindahan yang dikategorikan sebagai barang dagangan atau kendaraan bermotor.
  2. Barang pindahan dimaksud harus tiba bersama-sama pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulang sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.
  3. Mengirimkan surat permohonan berisi alasan pengajuan legalisasi, data diri lengkap sesuai paspor, informasi alamat di Kanada  dan alamat di Indonesia, tanggal tiba di Kanada dan tanggal kepulangan dari Kanada, serta melampirkan: daftar barang pindahan, paspor asli dan fotokopi, fotokopi tiket pesawat
  4. Membayar biaya dalam bentuk money order/bank draft ditujukan kepada "Indonesian Consulate", sebesar CAD 30
  5. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 28/PMK.04/2008 tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan, KJRI Toronto dapat melegalisasi daftar barang pindahan dan menerbitkan surat keterangan barang pindahan sebagai syarat pembebasan bea masuk atas impor barang pindahan. Pembebasan bea masuk barang pindahan dapat diberikan kepada:​​
    • PNS, anggota TNI atau Polri (berada di Kanada minimal setahun, dibuktikan dengan SK penempatan dan penarikan / SK tugas belajar dari instansi terkait)
    • Pelajar dan mahasiswa (berada di Kanada minimal setahun, dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah/ kampus)
    • Tenaga Kerja Indonesia yang ditempatkan pada perwakilan Indonesia di luar negeri (berada di Kanada minimal setahun, menyertakan bukti perjanjian kerja dengan Kementerian Luar Negeri)
    • WNI yang bekerja di Kanada (minimal setahun secara terus menerus, dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga terkait)
    • WNA yang karena pekerjaannya pindah ke wilayah Indonesia​


Waktu Proses Legalisasi

Setelah seluruh berkas persyaratan dan pembayaran diterima dengan lengkap akan diproses pada hari yang sama. 


Penyerahan Dokumen Legalisasi

Anda dapat menyerahkan berkas permohonan legalisasi langsung ke Loket Konsuler KJRI Toronto pada hari Senin-Jumat, pukul 09.30-12.30 (kecuali pada saat bulan Ramadhan atau hari libur). 

Anda dapat mengirimkan berkas melalui pos tercatat (jangan menggunakan opsi signature-required) ke alamat:

Indonesian Consulate General
129 Jarvis Street
Toronto, ON
M5C 2H6

Pengiriman Dokumen melalui Pos

Apabila menghendaki dokumen dikirimkan ke alamat Anda melalui pos, mohon menyertakan amplop balasan berbayar dan tercatat (trackable) yang telah dilengkapi dengan alamat jelas Anda. ​​