Nilai Perdagangan RI-Kanada Naik 61 Persen

8/27/2012

 

Jakarta - Total nilai perdagangan Indonesia dan Kanada naik 61 persen lebih, dari 1,8 miliar dolar menjadi 2,9 miliar dolar, kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Kenaikan nilai perdagangan kedua negara tersebut sekaligus menjadi penanda bagi perayaan 60 tahun hubungan Indonesia dan Kanada, kata Marty dalam pernyataan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

"Hubungan Indonesia dan Kanada memiliki akar sejarah yang panjang. Selama 60 tahun itu, kedua negara terus tumbuh dan berkembang semakin kuat, baik secara bilateral maupun di berbagai forum global," kata Marty.

Pada Kamis (23/8), Marty melakukan kunjungan kerja ke Ottawa, Kanada, guna membahas bersama Menlu Kanada John Bird mengenai upaya penguatan hubungan kerja sama bilateral.

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu sepakat untuk membentuk Forum Konsultasi Tingkat Menteri Indonesia-Kanada guna meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara.

"Forum tahunan tingkat Menlu ini dimaksudkan sebagai forum untuk mengkaji implementasi kesepakatan, komitmen hubungan Indonesia-Kanada dan mengidentifikasi peluang peningkatan hubungan kedua negara," kata Marty.

Selain itu, kedua Menlu juga membahas mengenai berbagai isu regional dan global, termasuk peningkatan hubungan antara ASEAN dan Kanada sebagai mitra dialog, perkembangan positif terkait isu Myanmar, serta isu arsitektural regional yang menjadi fokus pembicaraan. (Sumber: Antara250812)