Promosi Ekonomi dan Misi Dagang Indonesia 2010

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Promosi Ekonomi dan Misi Dagang Indonesia 2010 di Vancouver, Kanada telah diselenggarakan pada tanggal 29-30 Juni 2010, terdiri dari Networking Event/Seminar, One on One Business Meeting dan Roundtable Discussion, yang menghasilkan kontak dagang dengan 7 (tujuh) Perusahaan Kanada untuk produk kakao, kerupuk udang, udang, ikan tilapia, cereal bar, permen pelega tenggorokan (go-fresh), barang kerajinan/dekorasi rumah, tekstil (batik) dan sabut kelapa. Selain itu, dilakukan kunjungan ke T&T Supermarket yang merupakan supermarket terbesar di Kanada yang menjual produk makanan dan minuman Asia, termasuk dari Indonesia.

 

Kota Vancouver dipilih sebagai  tempat Promosi Ekonomi dan Misi Dagang Indonesia 2010, karena merupakan pintu gerbang produk ekspor Asia, termasuk Indonesia ke wilayah Kanada bagian Barat (Propinsi British Columbia, Propinsi Alberta, Propinsi Saskatchewan dan Propinsi Manitoba).  Kegiatan ini dilaksanakan setelah KTT G20 di Toronto, 26-27 Juni 2010.

 

Acara dibuka oleh Konjen RI Vancouver, Bambang Hiendrasto, menghadirkan pembicara Wakil Menteri Perdagangan RI, Mahendra Siregar, wakil-wakil dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian  Perindustrian, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hadir dalam Misi Dagang tersebut Dubes RI Kanada, Konjen RI Toronto, 7 (tujuh) Pengusaha Indonesia dan 80 (delapan puluh) orang peserta Kanada, terdiri dari Pedagang/Pengusaha/Importir, wakil Pemerintah Propinsi British Columbia (BC), Canada Food Inspection Agency (CFIA), Asosiasi Industri Makanan dan Minuman Kanada Barat dan Kamar Dagang di Propinsi British Columbia.

 

Pendapatan per kapita Kanada US$ 36.024, memiliki daya beli konsumen tinggi, peluang pasar sangat besar, sehingga menjadi  strategi penting Promosi dan Misi Dagang Indonesia 2010 untuk penetrasi pasar, meningkatkan kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi Indonesia – Kanada.

 

Diskusi Roundtable antara Delegasi RI yang dipimpin oleh Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Prof. Dr. Martani Huseini dengan wakil CFIA (Canadian Food Inspection Agency), telah membahas sistim jaminan kualitas dan keamanan produk perikanan Indonesia. Melalui diskusi tersebut, memberikan pemahaman bahwa sistim yang diterapkan Indonesia telah memenuhi standar kualitas dan keamanan produk Kanada, sehingga diharapkan makin memperluas akses pasar produk perikanan Indonesia di Kanada.

 

Melalui kegiatan Promosi Ekonomi dan Misi Dagang Indonesia 2010 terjadi perluasan networking antara pelaku bisnis Kanada dan pelaku bisnis Indonesia untuk dapat menjajaki kerjasama bisnis yang lebih konkrit dan berkesinambungan, termasuk minat pengusaha Kanada untuk hadir di Trade Expo Indonesia, di Jakarta, 13-17 Oktober 2010.