Lecture of Javanese Gamelan di University of Guelph

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 30 Maret 2010 KJRI Toronto bekerjasama dengan seniman Kanada Sandra Phillips memberikan paparan tentang kesenian gamelan Indonesia di University of Guelph, Ontario. Sandra Phillips adalah seniman yang telah berkecimpung lama dengan kesenian Indonesia khususnya wayang kulit dan gamelan Jawa.

 

Sebanyak 60 orang mahasiswa dari Music Department, University of Guelph mengikuti kegiatan  tersebut yang diberi topik "Lecture of Javanese Gamelan". Kegiatan ini dibagi dalam dua bagian atau sesi dimana pada bagian pertama dijelaskan mengenai pengaruh alam dan kehidupan masyarakat Jawa khususnya Yogyakara dan Surakarta yang sangat mempengaruhi bentuk karya seni yang dihasilkannya misalnya: musik, tari, batik, serta wayang kulit. Ukiran pada kerangka tempat gamelan atau motif kain batik terlihat sangat dominan menggunakan gambar tanaman, bunga atau binatang merefleksikan kedekatan hubungan antara masyarakat Jawa dengan alam. Untuk memperkuat paparan ini, ditampilkan juga slide dan video tentang kehidupan masyarakat Jawa di lereng Gunung Merapi serta penampilan tarian Jawa yang diiringi seperangkat gamelan.

 

Pada bagian kedua dipaparkan teori mengenai musik gamelan Jawa dan fungsinya dalam kehidupan masyarakat. Pada bagian ini, mahasiswa diperlihatkan secara langsung beberapa alat musik gamelan Jawa seperti kendhang, bonang, demung, peking, dan slenthem serta dipersilahkan untuk mecoba memainkan intrumen tersebut dengan dipandu oleh staf KJRI Toronto. (Sumber: KJRI Toronto)