Konser Dua Grup Gamelan di Toronto

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Toronto - Pada tanggal 8 Agustus 2010 grup gamelan Gong Sabrang dan grup Seka Rat Nadi telah melakukan konser bersama-sama di Harbourfront Centre di downtown kota Toronto. Gong Sabrang adalah grup gamelan Jawa yang anggotanya sebagian besar terdiri dari masyarakat Kanada dan rutin berlatih di KJRI Toronto. Sedangkan grup Seka Rat Nadi adalah grup gamelan Bali dari University of Toronto yang anggota juga terdiri dari masyarakat Kanada.

Harbourfront Centre merupakan salah satu pusat rekreasi dan hiburan masyarakat kota Toronto dan sekitarnya yang cukup terkenal, didirikan pada tahun 1991 dan terletak di down town. Menempati areal sekitar 10 acre (4.5 ha), menghadap ke danau Ontario, Toronto Island dan local airport dengan pemandangan yang sangat bagus, membuat Harbourfront selalu ramai dikunjungi khususnya pada akhir pekan selama musim panas.

Konser yang sedianya akan dilakukan di outdoor Redpath Stage, karena cuaca mendung dan dikhawatirkan akan turun hujan, maka akhirnya dipindahkan kedalam gedung Lakeside Stage. Pertunjukan berlangsung dari jam 13.00 sampai dengan jam 14.00 dan dihadiri lebih dari 100 orang masyarakat setempat. Dalam konser ini Gong Sabrang menyajikan 5 gending yaitu: Gugur Gunung, Lancaran Pambuko, Wira Pertiwi, Ladrang Arum-Arum dan Dangdut Aja Dipleroki.  Tiga gending pertama dimainkan pada awal konser dan dua gending lainnya dimainkan pada akhir konser setelah diselingi oleh penampilan Seka Rat Nadi. Sementara itu Seka Rat Nadi dalam konser ini juga menyajikan 5 reportoar, yaitu Seketi, Cecek Megeluk, Buris Rawa, Silih Asih dan Angkatan (Sumber: KJRI Toronto)