Atlantic Challenge, Midland Ontario, Kanada

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 24 Juli - 31 Agustus 2010, sebanyak 17 (tujuh belas) mahasiswa berbagai jurusan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, yang tergabung dalam ITS Atlantic Challenge Team, mewakili Indonesia mengikuti perlombaan kelautan International Contest of Seamanship and Boatbuilding-Atlantic Challenge 2010 di Midland, Ontario, Kanada.

Atlantic Challenge merupakan kegiatan perlombaan rutin yang diselenggarakan setiap 2 (dua) tahun sekali di negara anggota Atlantic Challenge Foundation yang bertujuan untuk membangun kerjasama internasional di bidang sosial budaya antara pemuda-pemudi dengan wawasan kebaharian. Dalam lomba ini digunakan replica kapal abad 18 yang bisa di dayung maupun menggunakan layar dengan 13 awak kapal.

ITS Atlantic Challenge Team secara rutin mengikuti kegiatan ini sejak tahun 2002 dan merupakan satu-satunya peserta dari wilayah Asia Pasifik. Pada tahun ini ITS Atlantic Challenge Team mempersiapkan kapal tradisional baru yang dibuat sendiri khusus untuk perlombaan tersebut dengan nama GARUDA.

Atlantic Challenge 2010 diikuti oleh 13 tim dari berbagai Negara yaitu dari Belgia, Canada (dua tim Canada I dan Quebec), Denmark, Finlandia, Perancis, Britania Raya, Indonesia, Internasional (gabungan), Irlandia, Italia, Irlandia Utara dan Amerika Serikat). Kegiatan yang dilombakan antara lain meliputi:

 

a.     L’esprit: yaitu lomba kombinasi dayung dan layar;

 

b.     Rowing Race: yaitu lomba dayung sejauh 2 mil laut;

 

c.     Slallome Race: lomba dayung tanpa kemudi dengan lintasan zig-zag;

 

d.     Sailling Race: lomba layer dalam track race tertentu;

 

e.     Sail and Oars: lomba dengan kombinasi dayung dan layer dalam track race tertntu;

 

f.      Navigation: lomba navigasi laut;

 

g.     Rope Work: lomba kecakapan dalam membuat tali temali dan fungsinya;

 

h.     Captain Gig’s: lomba kecakapan mendayung dan maneuver kapal untuk menjemput tamu agung dari dermaga yang kemudian diantar menuju kapal yang lebih besar;

 

i.      Jackstay Transfer: lomba ketangkasan mentransfer karung dari pelabuhan ke perahu dengan hanya menggunakan bantuan mainmast (tiang layer utama)

 

Juara umum pada Atlantic Challenge 2010 diraih oleh tim dari Britania Raya dengan total rank 43, sementara Indonesia pada urutan ke 11 dengan total rank 119, diatas tim Kanada I dan tim Internasional.

Selain lomba kebaharian,  dalam Atlantic Challenge 2010 juga diadakan kegiatan sosial lain dalam bantuk pertunjukan kesenian baik oleh peserta maupun yang disediakan oleh panitia. Tim Indonesia menampilkan permainan alat musik tradisional Angklung. Permainan alat musik ini sangat menarik perhatian tadak saja peserta perlombaan tetapi juga masyarakat setempat yang menyaksikan. (Sumber: KJRI Toronto)