SAMBUTAN PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL XXIX TAHUN 2012

9/18/2012

 

SAMBUTAN TERTULIS

MENTERI NEGARA PEMUDA DAN OLAHRAGA

REPUBLIK INDONESIA

PADA

PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL XXIX TAHUN 2012

 

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera dan Salam Olahraga!

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadiratAllah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas rahmat  dan ridho-Nya lah, kita dapat  bersama-sarna  menghadiri  peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXIX tahun 2012 dalam keadaan sehat wal'afiat.

 

Dengan peringatan hari olahraga nasional ini mari kita wujudkan olahraga  sebagai  gaya hidup manusia modern. Oleh karenanya saya  mengajak  seluruh  instansi  pemerintah dan swasta, para orang tua dan anak-anak untuk ikut berolahraga. Karena dengan berolahraga, hidup menjadi lebih sehat, gembira, dan kerja lebih produktif. Bila anak-anak  sehat  dan gembira  kita akan mendapatkan jutaan bibit-bibit  unggul olahragawan yang nantinya menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia untuk berbagai cabang olahraga.

 

Bibit-bibit  olahraga  perlu  proses pembinaan yang berjenjang melalui olahraga rekreasi, olahraga pendidikan di sekolah-sekolah, dan pembinaan yang intensif melalui klub-klub, serta pemusatan latihan pada tingkat  regional dan nasional di setiap cabang olahraga. Minat  dan  bakat alam harus diasah dengan metode latihan yang efektif, melibatkan sport science secara menyeluruh, serta melakukan kompetisi yang berkesinambungan di semua tingkatan.

 

Kita semua harus merasa terpanggil untuk terus-menerus meningkatkan partisipasi olahraga melalui sosialisasi, kompetisi di tingkat  sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan nasional, agar bangsa kita dapat meraih prestasi lebih tinggi di tingkat dunia pada kancah olahraga antar bangsa, seperti Sea Games, Asian Games, Asean Schools Games  bahkan Olimpiade. Salah satu terobosan yang telah ditempuh Pemerintah untuk mengakselerasi pencapaian prestasi atlet Indonesia adalah dengan menggulirkan Program Indonesia Emas dan meningkatkan volume alokasi anggaran  pembangunan olahraga nasional dari tahun ke tahun.

 

Dalam  menyiapkan  bibit  olahragawan  berprestasi, Pemerintah telah berupaya merevitalisasi sentra-sentra keolahragaan seperti Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) serta Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM), meningkatkan kuantitas dan kualitas  sarana  dan  prasarana olahraga mulai dari tingkat pusat  hingga  tingkat  desa, menyediakan tenaga keolahragaan yang memiliki  standar kompetensi yang memadai, serta meningkatkan tata kelola sentra olahraga yang lebih modern dan profesional.

 

Peringatan Hari Olahraga Nasional tanggal 9 September 2012, bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau. Jadikanlah  PON ini  sebagai ajang peningkatan prestasi keolahragaan nasional. Kegiatan olahraga multievent ini diharapkan menjadi wahana lahirnya atlet-atlet  prestasi yang dapat bersaing dan mengharumkan  nama bangsa di tingkat internasional.

 

Saya mengajak kepada kepala daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk menggerakkan masyarakatnya berolahraga melalui  penyediaan  sarana  dan prasarana yang layak dan baik serta dapat mendirikan sekolah olahraga di setiap provinsi. Diharapkan  pula Pemerintah daerah menganjurkan kegiatan-kegiatan olahraga di hari Jum'at di instansi-instansi pemerintah, sekolah-sekolah dan lainnya. Pembinaan olahraga-olahraga di daerah seharusnya fokus kepada 1 (satu) atau 2 (dua) cabang olahraga unggulan dan dilaksanakan secara serius,  sistematis dan terukur sehingga menjadi kompetitif prestasinya di tingkat dunia.

 

Kepada segenap stake holder olahraga KONI, KOI, PB/PP, pelaku usaha dan masyarakat di seluruh tanah air mari kita mempertahankan sekaligus meningkatkan pencapaian prestasi terbaik di Sea Games, Asian Games maupun Olimpiade. Oleh karena itu, kita semua harus kerja keras, membangun kebersamaan dan kekompakan, keuletan  dan  ketekunan, tekad dan spirit bersatu untuk  memajukan  prestasi olahraga di tingkat intemasional.

 

Tema Haornas XXIX tahun 2012, "Bersatu, Budayakan Olahraga, Raih Puncak Prestasi," sebagai tekad kuat kita semua untuk bersatu dan bekerjasama membangun budaya olahraga untuk mewujudkan kejayaan  prestasi olahraga kita di tingkat intemasional.

 

Dirgahayu  Hari  Olahraga NaslonaJ XXIX Tahun 2012.

Wasssalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

 

Jakarta, September 2012

 

MENTERI NEGARA PEMUDA DAN OLAHRAGA,

 

Dr. Andi A. Mallarangeng