SAMBUTAN MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM RANGKA HARI OLAHRAGA NASIONAL TAHUN 2010

10/13/2010

 

SAMBUTAN

MENTERI NEGARA PEMUDA DAN OLAHRAGA

REPUBLIK INDONESIA

PADA

UPACARA BENDERA

PERINGATAN HARI OLAHRAGA NASIONAL XXVII TAHUN 2010

 

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera dan salam olahraga!

 

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas rahmat dan ridho-Nya lah, kita dapat bersama-sama melakukan upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXVII tahun 2010 dalam keadaan sehat wal’afiat.

Sejarah perjalanan bangsa Indonesia membuktikan bahwa olahraga tidak hanya sebagai sarana peningkatan pola hidup sehat dan prestasi, tetapi sekaligus sebagai media perjuangan dan pemersatu bangsa. Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I Tahun 1948 di Stadion Sri Wedari kota Solo (Surakarta) Jawa Tengah membuktikan bahwa olahraga adalah media perjuangan untuk menunjukkan kepada dunia tentang eksistensi bangsa Indonesia sebagai sebuah negara berdaulat.

Kita bersyukur karena telah banyak kemajuan yang dicapai oleh Bangsa Indonesia sejak kemerdekaan kita. Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Indonesia juga adalah anggota G-20 yaitu dua puluh negara yang menentukan ekonomi dunia. Tahun depan, bersamaan sebagai tuan rumah Sea Games 2011 Indonesia juga menjadi Ketua ASEAN. Karena itu sudah saatnya prestasi olahraga Indonesia juga mengikuti kemajuan bangsa dalam bidang-bidang lainnya, menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, menjadi salah satu macan Asia, dan diperhitungkan pada tingkat dunia.

Namun, kita harus sadar bahwa atlet tidak datang dari langit. Bakat alam tidak cukup untuk menjadi juara di tingkat internasional. Bakat harus diasah sejak usia dini dengan pembinaan di dalam keluarga, sekolah, klub-klub olahraga, dan oleh berbagai organisasi olahraga di pusat maupun di daerah. Kompetisi harus digalakan di desa-desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, sampai tingkat nasional. Kita semua, pemerintah, pemerintah daerah, dunia swasta, dan segenap masyarakat harus bersatu padu untuk mendorong kebangkitan prestasi olahraga nasional.

Kepada segenap lembaga pemerintahan dan pemerintah daerah mari wujudkan pengarusutamaan olahraga dalam setiap kebijakan pemerintahan. Mari terus meningkatkan jumlah dan kualitas sarana dan prasarana olahraga di lingkungan masing-masing. Jangan lupa melaksanakan Jam Krida Olahraga pada setiap Hari Jumat sesuai dengan Keppres Nomor 17 Tahun 1984. Mari terus mengembangkan berbagai kegiatan olahraga, termasuk olahraga prestasi, olahraga pendidikan, maupun olahraga rekreasi.

Pemassalan olahraga adalah tugas bersama kita semua. Karena olahraga menyehatkan badan, meningkatkan produktivitas bangsa, serta membentuk karakter yang berguna untuk mewujudkan bangsa yang kuat. Mari kita jadikan olahraga sebagai gaya hidup manusia Indonesia modern.

Pemassalan olahraga juga penting bagi upaya untuk menemukan bibit- bibit unggul dan bakat-bakat alam yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Bibit-bibit unggul dan bakat-bakat alam itu ada di desa-desa, di pulau-pulau, di sekolah-sekolah dan pesantren-pesantren, di daerah-daerah,  bahkan di lingkungan kita masing-masing. Jangan biarkan bibit-bibit unggul itu dan bakat-bakat alam terpendam, terabaikan, dan tersia-siakan. Mari kita temukan mereka, kita bina, kita dukung dan fasilitasi, sehingga mereka bisa menjadi anak-anak bangsa yang mengharumkan nama keluarga, desa, daerah, dan bangsa Indonesia di ajang internasional.

Tema Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXVII tahun 2010 adalah ”Kebangkitan Olahraga Nasional Raih Prestasi Dunia”. Pemilihan tema ini dimaksudkan sebagai upaya memotivasi semua pihak untuk berperan aktif meningkatkan prestasi olahraga nasional. Tema ini menegaskan pentingnya pengarusutamaan olahraga yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk bersatu padu melakukan pembibitan dan pembinaan olahraga untuk berjaya meraih kejayaan prestasi pada tingkat regional maupun internasional.

Dengan tema ini kami ingin mengajak semua pihak, segenap bangsa Indonesia untuk mendukung suksesnya kontingen Indonesia pada ajang Asian Games 2010 di Guangzho Tiongkok, serta tercapainya tri sukses penyelenggaraan Sea Games 2011 di Indonesia. Kepada seluruh rakyat Indonesia, mari kita dukung dan doakan  atlet-atlet kita agar mereka dapat mengibarkan bendera Merah Putih dan mengumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam setiap ajang internasional.

Akhirnya, saya berharap peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXVII tahun 2010 dijadikan sebagai bahan renungan dan refleksi untuk terus bekerja keras dalam rangka pencapaian prestasi terbaik di bidang pembangunan olahraga.

DIRGAHAYU HARI OLAHRAGA NASIONAL XXVII TAHUN 2010.                                                           

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga

Republik Indonesia

 

Dr. Andi A. Mallarangeng