SAMBUTAN KONSUL JENDERAL RI TORONTO PADA SEMINAR BKSGI

6/5/2012

 

SAMBUTAN KONSUL JENDERAL RI TORONTO

PADA SEMINAR BKSGI

KJRI TORONTO, 02 Juni 2012

 

 

Para Pastor and Pendeta yang saya muliakan,

Saudara-saudara umat Kristiani di seluruh Greater Toronto Area, para tamu undangan dan hadirin yang berbahagia,

Selamat malam,

Salam sejahtera untuk kita semua.



Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena pada malam ini, umat Kristiani Indonesia dari berbagai Gereja di Toronto dapat berkumpul untuk menyelenggarakan kegiatan bersama.

 

Ini adalah even kedua seluruh umat Kristiani di Toronto -baik yang beragama Katholik, maupun yang beragama Kristen Protestan- bersatu untuk menyelenggarakan acara bersama. Tentu ini merupakan jerih payah yang patut dihargai dan diteladani. Kami pun, mewakili Konsulat Jenderal RI merasa bangga, dan mendukung kegiatan yang Bapak dan Ibu lakukan.

 

Tema seminar yang diusung oleh Panitia adalah “Solusi Hidup Berkemenangan”. Kami berharap agar seminar yang telah terselenggara sore tadi dapat membawa pencerahan dan terobosan bagi kehidupan beriman Bapak dan Ibu sekalian. Kami berharap juga agar momen ini dapat mempererat tali silaturahmi di antara kita semua.

 

Dalam hubungan ini saya ingin mengucapkan selamat kepada para pengagas dan tentunya kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mewujudkan pertemuan ini.

 

Hadirin yang saya hormati,

 

Pada kesempatan ini pula, izinkan kami menyampaikan informasi tentang sebuah pertemuan akbar. Pada 6-8 Juli 2012 yang akan datang, di Los Angeles-Amerika Serikat, atas prakarsa dari Kedutaan RI di Washington D.C. akan deselenggarakan Kongres Diaspora Indonesia yang pertama. Kongres ini akan dihadiri oleh masyarakat diaspora Indonesia dari berbagai belahan dunia, dan akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui teleconference.

 

Definisi dari “Diaspora Indonesia” adalah seluruh insan Indonesia yang berada di luar Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdarah, maupun berjiwa dan berbudaya Indonesia, apapun status hukum, bidang pekerjaan, latar belakang etnis dan kesukuannya.

 

Kongres ini bertujuan untuk mendorong masyarakat diaspora Indonesia di manapun mereka berada untuk menjadi suatu komunitas besar dan saling mempererat tali persahabatan dan kebersamaan. Diharapkan melalui Kongres ini akan lahir suatu Deklarasi Diaspora yang memuat visi Indonesia di abad ke-21. Berbagai topik menarik sesuai kepentingan diaspora Indonesia akan dapat Bapak dan Ibu ikuti, seperti “Becoming Agents for Indonesian Products”, “Citizenship and Immigration Issues”, “Opening Indonesian Restaurant in Your City”, “Becoming Local Politicians”, dan lain sebagainya.

 

Kongres ini terbuka bagi semua masyarakat diaspora Indonesia. Karenanya izinkan kami menyampaikan undangan terbuka dari Duta Besar RI untuk Amerika Serikat dan Duta Besar RI untuk Kanada. Bapak dan Ibu yang tertarik untuk menghadiri bisa melihat lebih rinci akan program dari Kongres ini di website www.diasporaindonesia.org dan dapat mendaftarkan diri langsung kepada panitia maupun melalui KJRI Toronto untuk selanjutnya kami teruskan kepada panitia di KBRI Washington D.C.

 

Umat Kristiani di seluruh Toronto yang berbahagia,


Demikianlah sambutan dan ajakan kami pada kesempatan ini. Sekali lagi, kami ucapkan selamat atas terselenggaranya seminar ini.

 

Terima Kasih, dan selamat malam.

 

Julang Pujianto

Konsul Jenderal RI