AMANAT PEMBINA UPACARA PADA HUT RI KE-66 TAHUN 2011

8/20/2011

 

UPACARA PERINGATAN HUT RI KE 66 TAHUN 2011

KJRI Toronto, 17 Agustus 2011

 

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Assalaammu’alaikum warakhmatullaaahi wabaaarakaaatuuuh.

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,

 

1.     Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan limpahan karuniaNya, pada hari ini kita berkumpul di tempat ini, dalam rangka memperingati peristiwa bersejarah, yaitu: Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan 66 tahun yang lalu oleh Proklamator kita, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

 

2.     Seperti tahun lalu, peringatan HUT RI kali ini kita laksanakan dalam suasana bulan Ramadhan, yaitu bulan yang penuh magfiroh bagi umat muslim. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini saya menyampaikan ucapan ”Selamat Menunaikan Ibadah Puasa” bagi yang menjalankan.

 

Saudara-saudara peserta upacara yang saya hormati,

3.     Setiap kali kita memperingati Hari Kemerdekaan, kita selalu teringat dengan kisah perjuangan para pahlawan nasional yang tanpa pamrih rela berkorban demi membela bangsa dan Negara dalam mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Oleh karenanya sudah sepantasnya kita selalu mengenang dan berterimakasih kepada para pahlawan Nasional kita dan seraya mengucap puji syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa yang telah menganugerahkan kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia.

 

4.     Tema peringatan HUT RI tahun ini adalah: “DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, KITA TINGKATKAN KESADARAN HIDUP DALAM KEBHINNEKA-AN, UNTUK KOKOHNYA PERSATUAN NKRI, KITA SUKSESKAN KEPEMIMPINAN INDONESIA DALAM FORUM ASEAN UNTUK KOKOHNYA SOLIDARITAS ASEAN”.

 

5.     Terkait dengan tema tersebut saya ingin mengingatkan kembali kepada kita semua, khususnya bagi yang sudah lama tinggal di Kanada, tentang semboyan dalam berkehidupan bangsa Indonesia yaitu Bhineka Tunggal Ika. Semboyan ini diambil karena latar belakang keanekaragaman Indonesia yang maknanya kurang lebih adalah walaupun kita berbeda-beda tetapi kita tetap satu jua, yaitu bangsa Indonesia yang bertekad untuk hidup  dalam negara kesatuan RI.

 

6.     Semboyan tersebut memanglah tepat bagi bangsa kita yang hidup dalam Negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dan terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya, agama, adat dan kebiasaan yang berbeda-beda. Rasa persatuan dalam kebhinnekaan inilah yang ternyata mampu menginsprasi dan memberi kekuatan dalam perjuangan bangsa Indonesia hingga sekarang.

 

7.     Namun demikian, masyarakat terus berkembang dan berbagai perubahan telah terjadi dimana-mana, sehingga semboyan tersebut juga semakin menipis dihayati oleh sebagian masyarakat kita. Kita bisa saksikan kejadian-kejadian di Indonesia yang semakin menonjolkan kelompok atau kesukuan. Bentrok antar suku, antar kelompok pemuda, antar kampung mewarnai berita-berita di televisi kita. Kejadian-kejadian tersebut oleh beberapa kalangan dianggap sudah pada taraf mengkhawatirkan apabila tidak segera dilakukan suatu tindakan nyata. Dan tindakan nyata itu adalah instropeksi pada diri sendiri.

 

8.     Oleh karena itu, marilah kita mulai dari sekarang dalam momentum peringatan HUT RI ini, dimana kita bisa mengingat bagaimana beratnya sejarah perjuangan bangsa Indonesia, kita senantiasa lebih menghayati dan mengamalkan kembali semboyan tersebut serta menjunjung tinggi solidaritas. Dengan demikian diharapkan agar kita dapat  terhindar dari ego golongan, kelompok, rasa permusuhan dan perpecahan, serta agar kita tetap dapat menjujung tinggi persatuan dalam kebhinnekaan ini.

 

Saudara-saudara peserta upacara yang saya hormati,

9.     Masih terkait dengan tema tersebut, saat ini Indonesia menjadi ketua ASEAN untuk periode tahun 2011. ASEAN atau Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara yang merupakan organisasi regional paling dekat dengan Indonesia, saat ini telah jauh berkembang menjadi suatu organisasi yang solid dan terus mempunyai peran nyata dalam percaturan dunia. ASEAN telah mempunyai landasan hukum kuat yang tertuang dalam ASEAN Charter, yang merupakan pedoman dasar dalam berinteraksi dan berkomunikasi antar negara anggota.

 

10.  ASEAN juga semakin berkembang dalam berbagai bidang kerjasama, tidak saja antar negara anggota tetapi juga antar organisasi regional. Melalui ASEAN munculah berbagai forum kerjasama regional lainnya seperti ASEAN Regional Forum (ARF), ASEAN European Meeting (ASEM) dalan lain-lain. Dengan kiprahnya yang semakin menonjol inilah maka ASEAN juga semakin banyak diminati oleh berbagai negara ataupun organisasi untuk menjalin kerjasama. Hal ini dikarenakan selama ini ASEAN telah mampu membuktikan diri dapat menjaga perdamaian di wilayah Asia Tenggara.

 

11.  Keberhasilan ASEAN tentu tidak lepas dari peran Indonesia, sebagai salah satu founding father-nya. Oleh karena itu, ditunjuk sebagai ketua adalah amanah yang mulia dari negara anggota ASEAN yang harus kita laksanakan sebaik-baiknya agar dapat memberikan sumbangsih nyata selama masa kepemimpinan tersebut. Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya juga ingin mengajak hadirin sekalian untuk juga membina tali silarurahim, bekerjasama dan membina solidaritas dengan sesama warga masyarakat dari negara-negara anggota ASEAN.

 

12.  Kalau di awal tadi kita berusaha meningkatkan solidaritas dan semangat kebersamaan dalam lingkup negara kesatuan RI, maka dalam hal ini adalah dalam lingkup yang lebih besar yaitu masyarakat ASEAN. Pada tingkat pemerintahan, KJRI juga akan berpartisipasi dalam mengangkat masalah solidaritas ASEAN ini di Toronto. Oleh karena itu, Saudara-saudara sekalian akan menyaksikan ada tambahan satu bendera yang dikibarkan disamping bendera merah putih di halaman KJRI, yaitu bendera ASEAN.

 

Saudara-saudara peserta upacara yang saya hormati,

13.  Selama beberapa tahun terakhir saya di Toronto, saya telah menyaksikan bagaimana masyarakat Indonesia di Toronto berperan serta dalam berbagai kegiatan KJRI. Oleh sebab itu saya yakin bahwa dalam kaitan dengan kedua makna utama tema peringatan HUT RI tahun ini, masyarakat Indonesia di Toronto akan mampu memaknai dan mengamalkannya, paling tidak dimulai dari kelompok paling kecil yaitu dalam lingkup rumah tangga, kemudian diharapkan agar berkembang ke tingkat masyarakat di sekitarnya.

 

14.  Terlepas dari hal tersebut, dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Indonesia di Toronto dan sekitarnya  yang telah memberikan sumbangsih, kerjasama dan bantuannya kepada bangsa dan negara Indonesia melalui kegiatannya di KJRI. Dari tahun ke tahun saya melihat bahwa masyarakat Indonesia telah menunjukkan kekompakan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bekerjasama membantu masyarakat Indonesia yang sedang menderita. Hal ini telah ditunjukkan dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan dana untuk korban tsunami di Kepulauan Mentawai, letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Banjir di Wasior, Papua pada tahun 2010 yang lalu. Masyarakat telah bersatu padu membentuk kepanitiaan yang terdiri dari berbagai unsur organisasi dan bekerja bergotong-royong dengan menanggalkan atribut masing-masing organisasi.

 

15.      Sebelum saya akhiri sambutan ini, saya ingin mengingatkan bahwa dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 66, kita masih akan melaksanakan acara Panggung Gembira. Mari kita sukseskan acara dari kita untuk kita ini, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2011. Kami membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam acara ini.

 

16.      Selain itu kami juga akan melaksanakan sholat Idul Fitri bersama bagi yang beragama Islam dan setelah itu kita lanjutkan dengan open house bagi seluruh masyarakat Indonesia di Toronto dan sekitarnya yang Insya Allah akan jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011.

 

Demikian sambutan saya, semoga bermanfaat. Terimakasih kepada semua pihak atas partisipasi dan kerjasamanya. Dirgahayu Republik Indonesia ke 66.

 

Wabillaahit taufik wal hidayah,

Wassalaammu’alaikum warakhmatullaaahi wabaaarakaaatuuuh.

Toronto, 17 Agustus 2011