Kehidupan di Toronto

7/5/2011

 

Kota Toronto terletak di Propinsi Ontario, Kanada. Kota terbesar di Kanada ini mengalami pembaharuan pemerintahan menjadi kota mega City of Toronto dengan dileburnya enam kota (communities) yang sebelumnya tergabung dalam Municipality of Metropolitan Toronto. Kota-kota kecil yang membentuk City of Toronto tersebut adalah City of Toronto, City of North York, City of Scarborough, City of Etobicoke, Borough of East York dan City of York. Peleburan enam kota yang diresmikan pada tanggal 1 Januari 1998 ini menjadikan kota Toronto sebagai pemerintahan ke-lima terbesar di Kanada setelah pemerintahan federal dan pemerintahan propinsi Ontario, Quebec, British Columbia dan Alberta dan juga menaikkan peringkat kota Toronto menjadi kota pemerintahan ke-lima terbesar di Amerika Utara setelah Mexico City, New York City, Los Angeles dan Chicago.

Toronto setelah peleburan sekarang memiliki communities (daerah tinggal masyarakat) yang lebih luas terdiri atas:

  • Bekas City of Toronto: The Annex, The Beaches, Bloor West Village, Cabbagetown, Forest Hill, High Park, Harbourfront, Humberside, Lawrence Park, Moore Park, North Toronto, Parkdale, Riverdale, Rosedale, Swansea, St. Lawrence Market.
  • Bekas East York: Leaside, East York Centre (dulunya bernama Thorncliffe Park), Parkview Hills, Bennington Heights, O'Connor/Bermondsey.
  • Bekas City of Etobicoke: Alderwood, Humberwood, Islington, the Kingsway, Long Branch, Markland woods, Mimico, New Toronto, Rexdale, Thistletown, Weston.
  • Bekas City of North York: The Bridlepath, Don Mills, Downsview, Willowdale.
  • Bekas City of Scarborough: Agincourt, Bridlewood, Guildwood, Highland Creek, Malvern, West Hill.

Sementara itu, terdapat empat wilayah (region) yang berbatasan langsung dengan kota Toronto. Tiap-tiap region memiliki kota-kota dengan pemerintahannya sendiri. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

  • ?Halton Region terdiri dari City of Burlington, Town of Halton Hills, Town of Milton, Town of Oakville.
  • Peel Region terdiri dari City of Brampton, Town of Caledon, City of Mississauga.
  • Durham Region terdiri dari Town of Ajax, Brock Township, Municipality of Clarington, City of Oshawa, Town of Pickering, Township of Scugog, Township of Uxbridge, Town of Whitby.
  • York Region terdiri dari Town of Aurora, Town of East Cwillimbury, Town of Georgina, Township of King, Town of Markham, Town of Newmarket, Town of Richmond Hill, City of Vaughan, Town of Whitchurch/Souffville.

Kota Toronto ditambah dengan ke-empat wilayah tersebut dikenal dengan Greater Toronto Area (GTA).

 

B. BIAYA HIDUP

Biaya hidup di Toronto termasuk mahal bila dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Kanada. Namun demikian, berdasarkan survei yang pernah dilakukan oleh Runzheimer Canada tahun 1997, bagi keluarga dengan pendapatan menengah, biaya hidup di Toronto lebih rendah daripada biaya hidup di New York, Chicago, Boston, Washington, D.C. dan Los Angeles. Sebaliknya untuk ukuran kota-kota besar di Kanada, Toronto menempati urutan kedua setelah Vancouver sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal. Selanjutnya urutannya adalah Montreal dan Halifax.

Pos pengeluaran terbesar yang harus dilakukan oleh tiap keluarga di Toronto umumnya adalah pajak pribadi (25%), tempat tinggal (19%), makanan (11%), transportasi (12%), rekreasi/hiburan (5%), keamanan (5%) dan pakaian (4%).

 

C. PAJAK

Secara rata-rata penduduk Kanada membayar pajak yang lebih tinggi dari pada penduduk di Amerika Serikat. Sehingga tidaklah berlebihan kalau jasa yang disediakan oleh pemerintah dari pajak yang dibayar ini lebih banyak daripada yang diterima oleh penduduk Amerika. Salah satu jasa tersebut yakni jasa kesehatan yang mencakup pemberian layanan kesehatan dan pelayanan utama rumah sakit secara gratis bagi penduduknya.

 

Besarnya tingkat pajak di Kanada juga disebabkan karena masyarakat juga turut membiayai post-secondary education dan electrical utility construction. Hal ini berbeda dengan penerapan di Amerika Serikat, yang mana untuk biaya kegiatan serupa umumnya ditanggulangi oleh pihak swasta.

 

Di Ontario, setiap pembelian barang atau jasa dikenakan pajak HST (Harmonies Sales Tax) sebesar 13%. Pajak tidak dikenakan atas barang-barang keperluan bahan makanan pokok bukan olahan seperti : roti, sayur-sayuran, daging.

 

D. PENDIDIKAN

Sekolah di wilayah Greater Toronto Area dibagi atas tax-supporterted school systems, yakni: a non-denominational public school dan Catholic school. Sekolah-sekolah di GTA terbagi atas regions Toronto, York, Durham, Peel dan Halton. Untuk pemilihan sekolah, para orang tua harus mengetahui wilayah tempat tinggal dan juridiksi sekolah pilihannya.

 

Pemerintah membebaskan biaya pendidikan di sekolah publik hingga ke tingkat post secondary (sekolah menengah umum) sebagai insentif atas pajak yang dibayar oleh penduduk, namun tidak demikian halnya bagi mereka yang belajar di sekolah-sekolah swasta. Kelengkapan administrasi yang dibutuhkan untuk pendaftaran murid di antaranya adalah akte/seritifikat kelahiran, bukti imunisasi dan kartu kesehatan. Khusus untuk sekolah dasar Katolik, dibutuhkan sertifikat baptisan anak atau bukti diri sebagai pemeluk agama Katolik.

 

Khusus untuk pendidikan di perguruan tinggi di Kanada terdapat perbedaan biaya kuliah (tuition fee). Mahasiswa asing (international students) umumnya membayar hampir 2 kali lebih besar dari mereka yang memiliki status permanent resident atau warga negara Kanada. Besarnya biaya kuliah tergantung kepada perguruan tinggi bersangkutan.

 

Informasi lengkap mengenai sekolah maupun perguruan tinggi di Toronto dan di GTA, dapat menghubungi Board of School masing-masing region yang terdapat dalam lembar direktori telepon buku ini.

 

E. KESEHATAN

Biaya pengobatan dan jasa kesehatan di Toronto tergolong mahal, oleh karena itu pemerintah menyediakan jasa pengobatan dan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma (gratis) kepada penduduk yang memiliki kartu kesehatan (health card). Jasa ini disediakan pemerintah melalui program Ontario Health Insurance Plan (OHIP) sebagai hasil dari pajak yang dikenakan bagi penduduk di Kanada. Lewat OHIP, Kementerian Kesehatan dan Long-Term Care membayar jasa pengobatan kesehatan dan rumah sakit serta jasa pengobatan darurat bila terjadi di luar Kanada. OHIP tidak membayar jasa kedokteran yang tidak penting seperti operasi kecantikan dan juga tidak semua pengobatan gigi ditanggung oleh OHIP.

 

Rumah sakit besar yang terdapat di Toronto antara lain:

·         The Hospital for Sick Children : 190 Elizabeth St., Toronto

·         North York General Hospital : 4001 Leslie Street, Toronto

·         Markham Stouffville Hospital : 381 Church, Markham

·         Mount Sinai Hospital : 600 University Avenue, Toronto

·         The Riverdale Hospital : 14 St. Matthews Road,Toronto

·         St. Michael’s Hospital : 30 Bond Street, Toronto

·         The Scarborough Hospital : 3050 Lawrence Avenue East, Toronto 

 

F. TRANSPORTASI

Toronto merupakan salah satu kota yang paling mudah dijangkau di wilayah Amerika Utara. Orang dapat menggunakan sarana transportasi udara, darat, kereta api maupun danau untuk datang ke Toronto.

 

1. Transportasi Udara

Toronto memiliki dua pelabuhan udara yang melayani penerbangan berjadwal yaitu:

 

Lester B. Pearson International Airport

Bandara internasional ini terletak di sebelah barat kota Toronto dan dapat dijangkau melalui highways 401, 427 dan 409. Bandara ini memiliki tiga terminal dan disinggahi oleh seluruh penerbangan internasional yang masuk ke Kanada.

·         Terminal 1 melayani kurang beberapa airlines diantaranya Air Canada, Air Canada Jazz, Air Jamaica, Alitalia, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Austrian Airlines, BMI, Lufthansa, Mexicana, SAS Scandinavian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways, Varig Brazil.

·         Terminal 3 melayani penerbangan Aeroflot Russian, AeroMexico, Aerosvit Airlines, Air France, Air Transat, Alaska Airlines Inc., America West Airlines, American Airlines, American Eagle, British Airways, BWIA West Indies Airways, CanJet Airlines, Cathay Pasific, Chautauqua Airlines, Comair,Continental Airlines, Continential Express, Cubana Airlines, Czech Airlines, DELTA, EL AL, Finnair, First Air, Harmony Airways, Hawaiian Airlines, Iberia Airlines, Japan Airlines, Jetsgo, Kelowna Flightcraft, KLM, Korean Air, Lasca/TACA, Lan Chile, LOT Polish Airways, LTU Int''l Airways, Malev Hungarian, Martinair Holland, Mesa Airlines, Miami Air International, Midwest Connect, MyTravel Airways, Northwest Airways, Olympics Airlines SA, Pace Airlines, Pakistan International, Piedmont, Pinnacle Airlines, PSA Airlines, Qantas, SATA Interntional, Skyservice, Swiss Airlines, Thomas Cook Airlines, US Airways, ZOOM Airlines.

Toronto City Centre Airport

Bandara ini terletak di salah satu pulau yang bisa dijangkau lewat Toronto Harbour. Bandara pulau ini melayani penerbangan berjadwal local, pesawat pribadi dan perusahaan. Airlines yang beroperasi di bandara ini diantaranya Air Ontario, Capital Airlines dan Grand Aviation.

 

2. Transportasi Darat

Para pendatang ke Toronto melalui darat dapat menggunakan mobil maupun bus melalui rute-rute utama sepanjang pantai Lake Ontario. Highway yang dapat digunakan dari arah barat menuju Toronto adalah Highway 401 dan 2 serta Queen Elizabeth Way (QEW). Highway 401 dan 2 juga dapat digunakan bila menuju Toronto dari arah timur. Highway 400 digunakan bila datang dari arah utara dan highway ini akhirnya bergabung dengan highway 401. Semua bus yang melayani Ontario, Canada dan Amerika Serikat datang dan berangkat dari Toronto dari Terminal Bus yang berlokasi di 610 Bay Street.

 

3. Kereta Api

Angkutan kereta api di Toronto dilayani oleh VIA Rail System, jaringan yang menyediakan pelayanan kereta api di seluruh Kanada dan dihubungkan dengan Amtrak System bila bepergian ke Amerika Serikat lewat Niagara Falls, New York. Stasiun kereta api Toronto bernama Union Station yang berlokasi di Front Street, antara Bay dan University Avenue.

 

4. Transportasi dalam Kota

Transportasi umum dalam kota dikelola oleh Toronto Transit Commission (TTC) yang meliputi bus, trem (street car) dan kereta bawah tanah (subway). Biaya karcis saat ini adalah $ 3.00 untuk orang dewasa/sekali jalan, senior (65 tahun keatas) dan siswa/student (13-19 tahun) adalah $ 2.00. Sedangkan biaya transportasi untuk anak-anak (2-12 tahun) adalah $ 0.75 untuk sekali jalan. Kecuali menggunakan token atau tiket, pembayaran harus menggunakan uang tunai tanpa pengembalian.

 

Jika perjalanan yang akan ditempuh harus dilanjutkan dengan menggunakan bus, subway atau trem penumpang dapat meminta tiket transfer kepada pengemudi bus atau trem yang pertama dinaiki atau mengambilnya di mesin transfer di stasiun subway. Tiket transfer tidak dapat digunakan untuk berhenti untuk kemudian dilanjutkan lagi dengan menempuh jurusan yang sama atau yang berlawanan.

 

Informasi lengkap dapat diperoleh dengan menelpon T.T.C. : (416) 393-info (393-4636) atau melihat map T.T.C. yang tersedia. Jam operasi subway adalah: 6.00 a.m. hingga 1.30 a.m. pada hari Senin sampai Sabtu. Jam 9.00 a.m. sampai 1.30 a.m. pada hari Minggu. Untuk bus, jadwal waktu dari bus satu ke bus lainnya berbeda-beda.

 

5. Transportasi antar Region

Khusus untuk transportasi antar region di Greater Toronto Area yang tidak dijangkau oleh TTC dilayani oleh GO Transit (bus dan kereta). Jalur GO Transit meliputi wilayah sebelah barat: Hamilton, Georgetown, Brampton, dan Milton. Sebelah utara: Newmarket, Richmond Hill, dan Stoufville. Sebelah timur: Oshawa, Pickering dan Whitby.

 

G. ATRAKSI WISATA DAN HIBURAN

Selain sebagai pusat bisnis terbesar di Kanada, Toronto juga dikenal sebagai pusat hiburan terlengkap di Kanada bahkan sering dijuluki sebagai Hollywood-nya Kanada. Di Toronto terdapat museum, galeri seni, teater kelas dunia, tempat hiburan serta tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan asing maupun domestik. Informasi lengkap mengenai tempat-tempat wisata ini dapat diperoleh di Bidang Penerangan KJRI Toronto. Berikut adalah gambaran singkat beberapa tempat wisata penting yang terdapat di Toronto dan sekitarnya:

Niagara Falls

Merupakan air terjun terbesar ketiga di dunia yang berada diantara dua negara yaitu Kanada dan Amerika Serikat, tepatnya di Quen Victoria Park, Ontario. Niagara Falls dapat ditempuh kira-kira 1,5 jam dari Toronto melalui perjalanan darat kearah Barat Daya. Pengunjung Niagara Falls diperkirakan sekitar 12 juta per tahun.

 

  • ?Canada Wonderland, 9580 Jane St., Toronto. Meliputi area seluas 120 hektar, Wonderland dengan hiburan seperti rolercoaster, games, konser, dan lain-lainnya.
  • C.N. Tower, 301 Front St. West, Toronto. C.N. Tower merupakan freestanding structure yang tertinggi di dunia. Didalamnya terdapat pelataran pengamat, night club, restoran putar dan Tour of The Universe.
  • Toronto Zoo, Terletak di daerah Scarborough. Kebun binatang ini dianggap salah satu kebun binatang terlengkap dan terbagus di dunia. Koleksi binatangnya lebih dari 4000 macam yang tersebar di 8 paviliun.
  • Ontario Science Centre, 770 Don Mills Road, Toronto. Ontario Science Centre ini merupakan museum ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilengkapi dengan bermacam-macam peralatan modern yang dibuat agar para pengunjung dapat berpartisipasi. Acara lainnya termasuk pertunjukan film dan demonstrasi yang dilakukan oleh para staf di sana.
  • Toronto Island Park, untuk menuju ke Toronto Island Park harus menggunakan ferry yang berangkat setiap setengah jam, mulai dari jam 06.30 a.m. sampai 11.45 p.m.. Dari pulau ini dapat dilihat pemandangan pusat kota Toronto yang cukup menakjubkan. Selain itu pulau ini juga merupakan lokasi yang cocok untuk berpiknik. Hiburan lainnya adalah mengeliling pulau dengan bersepeda dan menikmati pemandangan disekitarnya.
  • Royal Ontario Museum, 100 Queen’s Park, Toronto. Merupakan museum terbesar di Kanada termasuk paviliunnya yang meliputi Dinosaurus, Mesir dan Nubia dan koleksi antik dari China.
  • Bata Shoe Museum, 327 Bloor Street West, Toronto. Museum yang memiliki pameran tetap dan memperagakan sekitar 10.000 sepatu dengan keaneka-ragaman dan kekhususannya. Di museum ini dipamerkan model sepatu yang yang berasal dari 4.500 tahun yang lalu hingga sepatu abad ke-20.
  • Art Gallery of Ontario, 317 Dundas St. W.Toronto. Tempat memamerkan hasil seni yang memiliki koleksi sampai dengan 600 tahun yang terakhir dari berbagai macam tingkat kreativitas.
  • Black Creek Pioneer Village, 1000 Murray Ross Parkway, North York. Suatu perkampungan yang sengaja dikonservasikan sebagai tempat bersejarah yang menggambarkan suasana pada abad ke-18, dimana keadaan desa tersebut dibuat sedemikian rupa agar tetap seperti pada tahun 1860-an.
  • Casa Loma, 1 Austin Terrace, Toronto, adalah istana milik Sir. Henry M. Pellat termasuk orang yang sangat berpengaruh terhadap industri dan militer di Toronto , yang pada tahun 1911 bekerja sama dengan seorang arsitek mendirikan sebuah istana pada kaki bukit, yang menghadap ke arah kota Toronto.
  • Sky Dome / Rogers Centre, bangunan ini merupakan multi-purpose retractable domed stadium yang pertama di dunia, dan dibangun pada tanggal 3 Juni 1989. Atap stadiun ini bisa dibuka dan ditutup apabila cuaca tidak layak untuk olah raga atau kegiatan lain. Didalam Sky Dome terdapat papan score yang terbesar (JumboTron). Sky Dome juga merupakan markas dari Toronto Blue Jays (tim baseball Toronto) dan CFLÃ Toronto Argonauts (tim football Toronto). Selain untuk kegiatan berbagai macam olah raga, Sky Dome digunakan pula untuk konser musik, dan pameran perdagangan.
  • Thousand Islands, Merupakan pulau-pulau kecil yang terdapat di wilayah Danau Ontario, terletak sebelah timur Toronto dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam perjalanan darat. Thousand Islands terletak di antara dua negara Kanada dan Amerika Serikat, yaitu sebelah Utara negara bagian New York dan di sisi lain sebelah Selatan propinsi Ontario. Thousand Islands dikelilingi oleh Danau Ontario, Pegunungan Adirondack, dan Sungai Lawrence yang mengalir dari danau Ontario. Jumlah seluruh pulau yang ada diperkirakan sekitar 1800 pulau.

 

Toronto juga memiliki kegiatan hiburan seperti festival, karnaval yang diadakan setiap tahunnya dalam musim yang berbeda. Kegiatan-kegiatan yang sudah menjadi tradisi di Toronto dan ramai dikunjungi wisatawan asing ersebut diantaranya:

 

Musim Dingin

Nopember-Januari : The Niagara Falls Festival of Lights.

Pertengahan Januari : The Toronto International Boat Show

Pebruari : The Winter Fest

Musim Semi

Pertengahan Maret : Toronto Sportsmen’s Show

Pertengahan April : Shaw Festival

Pertengahan Mei – Oktober : Stratford Festival

Musim Panas

Juni : Gay & Lesbian Pride Week

Pertengahan Juni : Metro Toronto International Caravan

Pertengahan Juni : NorthbyNortheast

Akhir Juni : The du Maurier Downtown Jazz Festival

Awal Juli : The Mariposa Festival

Juli : Caribana

Pertengahan Juli : The Molson Indy Toronto

Akhir Juli : The Beaches International Jazz Festival

Pertengahan Agustus – Awal September : Canadian National Exhibition

Musim Gugur

Awal hingga Pertengahan September : Toronto International Film Festival

Akhir Oktober : The International Festival of Authors

Awal Nopember : Royal Agricultural Fair

Awal Nopember – Pertengahan Desember : One of a Kind Christmas, Canadian Craft Show and Sale

Pertengahan Nopember : The Santa Claus Parade

Akhir Desember : New Year’s Eve at City Hall, First Night Toronto, Celebration of the Arts.

 

H. RESTORAN

Toronto memiliki ribuan tempat makan baik dalam bentuk restoran, pub, fast food outlet maupun food court dari mulai yang termahal hingga yang murah. Makanan yang disajikan pun beraneka ragam mengingat penduduk yang tinggal di Toronto berasal lebih dari 100 negara. Kwalitas kesehatan makanan yang disajikan oleh tempat penjualan makanan ini sangat dijaga ketat oleh kantor kesehatan kota Toronto. Pemerintah kota telah membuat standardisasi penyimpananan dan pengolahan makanan yang harus dipatuhi oleh para penjual makanan dan setiap tempat penjualan makanan wajib mencantumkan sertifikat hasil pengujian kesehatan yang terdiri atas: PASS, CONDITIONAL, CLOSED.

 

Bagi yang berminat dengan makanan dan masakan Indonesia silahkan mengunjungi:

1.     Toko Indonesia. (Elke Oey) 3241 Kennedy Road Unit # 12. Scarborough, ON. M1V 2J8

2.     La Rissa Food (Clara) 2250 Midland Avenue Unit 25, Scarborough ON M1P 4R9 Tel: 416-297-6936

3.  Dragon Fly Bistro, 715 Richmond Street, London, ON

4.  Gourmet Malaysia, 4466 Sheppard Avenue East, Scarborough, ON

5.  Lions City Restaurant, 1177 Central Parkway Unit# 70, Mississauga, ON

6.  Bali Restaurant (Thailand - Indonesia), 10 East Wilmot Unit 5, Richmond Hill

7.  Bali Restaurant (Indonesia - Oriental), 635 Sault St Marie, ON P6A 2A6

8.  Food Court Eaton Centre

9.  Indah Cattering (Guelph)

10. Albee Personal Cheef (Milton)

11. London Satay Village, 411 Hamilton Road, London ON N5Z 158, (519) 488-1933

Khusus bagi yang menyenangi masakan Cina dapat mengunjungi restoran yang banyak terdapat di daerah China Town (Spadina Avenue dan Dundas Street). Beberapa restoran di pusat kota Toronto yang menyajikan makanan Asia yang sering dikunjungi oleh pengunjung Indonesia dan masyarakat Indonesia di Toronto dapat dilihat di bawah ini:

  • ?Golden Thai Restaurant : 105 Church Street (at Richmond), Toronto
  • Sakura Ichiban : 142 Adelaide Street, Toronto
  • Sushiman Japanese Restaurant : 20 Richmond Street East, Toronto
  • Hua Sang Seafood Restaurant : 41-43 Baldwin Street, Toronto
  • Nami Japanese Seafood Restaurant : 55 Adelaide Street East, Toronto
  • Pearl Harbourfront Chinese Restaurant : 207 Queens Quay West, Ste. 225, Toronto
  • Swatow Restaurant : 309 Spadina Avenue, Toronto
  • Kings Garden Chinese Cuisine : 214 King Street West, Toronto 
  • Hakka Garden Chinese Restaurant (Halal) 5 Overlea Blvd Toronto, ON M4H 1P9?

I. PENGINAPAN

Sebagaimana layaknya kota metropolitan dan salah satu kota bisnis terbesar di dunia, Toronto memiliki penginapan yang sangat banyak jumlahnya, berupa hotel, lodge, motel maupun hostel. Hotel-hotel dengan jaringan internasional berbintang umumnya mudah ditemukan di Toronto. Juga terdapat penginapan dengan tarif murah yang banyak diminati oleh pengunjung ke Toronto. Berikut adalah beberapa penginapan yang umumnya diminati delegasi dari Indonesia maupun orang Indonesia yang berkunjung ke Toronto:

  • ?Town Inn Hotel & Suites : 620 Church Street, Toronto
  • Best Western Primrose Hotel - Downtown : 111 Carlton Street, Toronto
  • Cambridge Suite Hotel : 15 Richmond East Street, Toronto;
  • Days Inn Toronto Downtown : 30 Carlton Street, Toronto
  • Quality Hotel Downtown : 111 Lombard Street, Toronto
  • Ramada Hotel & Suites Downtown : 300 Jarvis Street, Toronto
  • The Grand Hotel & Suites : 225 Jarvis Street, Toronto
  • Sheraton Hotel : 123 Queen Street West, Toronto
  • Marriott Hotel – Eaton Centre : 525 Bay Street, Toronto
  • Hilton Hotel – Toronto : 145 Richmond Street, Toronto
  • Royal York Hotel : 100 Front Street West, Toronto
  • Westin Harbour Castle : 1 Harbour Square, Toronto
  • Metropolitan Hotel : 108 Chesnut Street, Toronto