Perubahan Nama di Paspor

​​Berdasarkan ​Pasal 52 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, perubahan nama hanya dapat dilaksanakan berdasarkan ketetapan Pengadilan Negeri di Indonesia.  

Oleh karena Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara Republik Indonesia sebagai tanda pengenal yang sah di seluruh negara, maka informasi yang tercantum di dalamnya harus mengandung kebenaran. Perubahan nama yang tercantum di Paspor akan mempengaruhi dokumen resmi lain yang digunakan di Indonesia, seperti surat kuasa, akta jual-beli dsb. Oleh karena itu, setiap perubahan nama harus mendapatkan pengesahan terlebih dahulu dari Pengadilan Negeri. 

Bagi yang tidak melampirkan Surat Keputusan Pengadilan, perubahan nama setelah menikah atau karena perceraian maupun alasan lainnya akan ditempatkan pada halaman 4 buku paspor yang merupakan catatan pengesahan/ endorsement.

Persyaratan
  1. Melampirkan buku paspor asli;
  2. Mengisi Formulir Amendemen Data Paspor
  3. Pastikan telah mengisi formulir Formulir Pendaftaran Diri
  4. Salinan Surat Keputusan Pengadilan Negeri dari Indonesia. 
  5. Fotokopi surat Nikah atau surat Cerai 
  6. Akta Kelahiran.
  7. Dokumen keimigrasian asli (Permanent Resident (PR) card, study permit, work permit, visa) ​
Pelayanan perubahan data pada paspor tidak dipungut biaya, kecuali biaya pembuatan paspor (lihat halaman paspor).

Penyerahan Berkas Permohonan Paspor

Anda dapat menyerahkan berkas permohonan Anda langsung ke Loket Konsuler KJRI Toronto pada hari Senin-Jumat, pukul 09.30-12.30 (kecuali pada saat bulan Ramadhan atau hari libur). 

Anda juga dapat mengirimkan berkas permohonan melalui pos (jangan menggunakan opsi signature-required) ke alamat sebagai berikut:

Indonesian Consulate General
129 Jarvis Street
Toronto, ON
M5C 2H6

Pengiriman Paspor Baru melalui Pos

Apabila menghendaki paspor baru dan paspor lama dikirimkan ke alamat Anda melalui pos, mohon menyertakan amplop balasan berbayar dan tercatat (trackable) yang telah dilengkapi dengan alamat jelas Anda. ​​​​