Partisipasi KBRI Tokyo dalam Pameran Makanan di Niigata

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 12-24 Nopember 2009 bertempat di Toki Messe International Conference. Bidang Perdagangan KBRI Tokyo berpartisipasi dalam pameran dua tahunan produk makanan dalam The 2nd Niigata Food Messe 2009.
Pameran ini merupakan salah satu pameran produk makanan terbesar di wilayah Niigata Prefektur yang diikuti sekitar 140 perusahaan domestik dari lima Negara yang meliputi Indonesia, Rusia, RRT, Korea dan Thailand.
 
Paviliun Indonesia yang menempati 2 booths, merupakan kali pertama dalam pameran ini yang diwakili oleh empat perusahaan yaitu Bali Coffe dan Food, Niramas Utama, PT. Ika Food Putramas dan CV. Halifa. Pameran tersebut merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk membuka peluang, memperkenalkan, mempertahankan dan meningkatkan pasar produk makanan dan minuman Indonesia di Jepang, terutama dalam situasi krisis finansial saat ini.
 
Pada pameran tahun ini, tercatat pengunjung mencapai lebih dari 13 ribu orang yang terdiri dari berbagai kalangan terkait dengan bisnis. Cukup besar untuk ukuran prefektur dengan penduduk sekitar 3 juta orang. Meskipun dalam suasana krisis tahun ini, selama tiga hari pameran berlangsung, paviliun Indonesia cukup banyak menarik pengunjung guna mengenal, mencicipi, bertanya dan bertransaksi.
 
Selain produk makanan dan minuman yang telah banyak dikenal oleh konsumen Jepang yaitu kerupuk ikan/udang, beberapa produk lainnya juga memperoleh perhatian pengunjung, yaitu kopi bubuk, sambal instan (soto), bumbu instan gado-gado dan soto. Sesuai dengan sifatnya, produk makanan Indonesia memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri yang mampu bersaing dan menarik pengunjung.
 
Oleh karena itu keikutsertaan Indonesia pada pameran sejenis yang akan dating perlu di dukung oleh berbagai pemangku kepentingan dalam upaya membuka peluang, mempertahankan dan meningkatkan pasar bagi pengembangan produk 10+10+3.