Lomba Pidato Bahasa Indonesia di Fukuoka dan Nagoya

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Lomba Pidato Bahasa Indonesia di Fukuoka dan Nagoya
Pada tanggal 21 dan 22 Agustus 2009 berturut-turut telah diselenggarakan dua lomba pidato bahasa Indonesia di dua pulau yang berbeda di Jepang yaitu Fukuoka, Kyushu dan Nagoya, Honshu, Jepang.  Lomba pidato di Fukuoka yang diselenggarakan pada 21 November 2009 oleh Persatuan Pelajar Indonesia Fukuoka bekerjasama dengan KBRI Tokyo merupakan lomba pidato pertama yang membuka kesempatan bagi peserta dari wilayah Pulau Kyushu dan Okinawa.

 

Sebelumnya, PPI Fukuoka juga telah beberapa kali menyelenggarakan lomba pidato bahasa Indonesia dalam dilakukan dalam skala yang lebih kecil untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. Lomba pidato diikuti oleh 7 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum.  Lomba pidato dimenangkan oleh Chang Suin, warga Korea yang sedang menuntut ilmu di Asia Pacific University.
Lomba pidato selanjutnya diselenggarakan pada 22 November 2009 di Universitas Nanzan, Nagoya. Lomba pidato diikuti oleh 14 peserta yang tediri dari mahasiswa, siswa SMU, dan masyarakat umum yang tidak hanya berasal dari Nagoya tetapi juga dari Tokyo dan  pulau Hokkaido. Peserta dibagi dalam 2 tingkat yaitu kategori I bagi peserta yang pernah tinggal di Indonesia kurang dari 3 bulan dan tingkat 2 bagi peserta yang pernah tinggal di Indonesia lebih dari 3 bulan. Pemenang kategori  I adalah Chisato Aimu,  sedangkan pemenang kategori 2 adalah Hagusa Masahiro atau yang lebih dikenal dengan panggilan mas Agus.

 

Pemenang pertama dari masing-masing kategori memperoleh tiket pesawat ke Indonesia dari Garuda Indonesia. Lomba pidato di Nagoya diselenggarakan oleh PPI Nagoya bekerjasama dengan KBRI Tokyo, Universitas Nanzan, dan PT. Garuda Indonesia. Hadir mewakili Duta Besar dalam kedua lomba pidato tersebut adalah Atase Pendidikan KBRI Tokyo Edison Munaf. Sebelum lomba pidato bahasa Indonesia di Fukuoka dan Nagoya, telah diselenggarakan pula lomba pidato di Kanda University
of International Studies, Chiba.

 

Serangkaian lomba pidato yang diselenggarakan oleh KBRI Tokyo bekerjasama dengan berbagai pihak baik PPI maupun universitas-universitas di Jepang merupakan upaya untuk menumbuhkan hubungan antar masyarakat Indonesia dan Jepang di kalangan generasi muda Jepang.