Peragaan Busana Bertema ‘TENUN: HANDWOVEN TEXTILES OF INDONESIA’ dalam rangka Spring Cultural Event di Wisma Duta, Tokyo

5/11/2012

 
Bekerja sama dengan Cita Tenun Indonesia (CTI) yang diketuai Ibu Okke Hatta Rajasa, KBRI Tokyo akan mengadakan pergelaran budaya menyambut musim semi di Jepang dengan nama Spring Cultural Event, bertema ‘Tenun: Handwoven Textiles of Indonesia’ pada tanggal 15 Mei 2012 di Wisma Duta, Tokyo.


Bertempat di Wisma Duta, pergelaran ini akan menampilkan karya busana dari dua perancang ternama Tanah Air, yaitu Sebastian Gunawan dan Priyo Oktaviano. Adapun Ibu Hitomi Noda (istri Yang Mulia Yoshihiko Noda, Perdana Menteri Jepang) akan menjadi tamu kehormatan pada acara dimaksud, bersama Ibu Makiko Gemba (istri Yang Mulia Koichiro Gemba, Menteri Luar Negeri Jepang), Ibu Kiyoko Fukuda (istri Yang Mulia Yasuo Fukuda, Ketua Japan-Indonesia Association JAPINDA dan mantan Perdana Menteri Jepang), serta Ibu Haruko Komura (Presiden Asia Pacific Ladies Friendship Society, ALFS).


Priyo Oktaviano akan membawa koleksinya yang berbahan Tenun Bali, sedangkan Sebastian Gunawan akan menampilkan busana dari Tenun Garut, lengkap dengan koleksi untuk anak-anak. Di samping fashion show, Spring Cultural Event juga akan menampilkan pameran tenun dari koleksi Ibu Negara, Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono, serta karya tenun lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia.


Di salah satu pojok pameran akan diperlihatkan tenun ikat Sumba, yang telah diusulkan Pemerintah Indonesia kepada UNESCO sebagai ‘warisan budaya tak benda’ (intangible heritage). Kehadiran tenun Sumba dalam Spring Cultural Event 2012 ini merupakan bentuk dukungan CTI terhadap pencalonan dalam UNESCO tersebut, serta bagi pelestarian tenun Sumba.


Bagi Indonesia, acara ini sangat mendukung misi promosi melalui kerangka soft diplomacy. Kita pun tentu sangat bangga melihat Kain Tenun, sebagai salah satu warisan nasional, diterima sangat baik di luar negeri. Terima kasih bagi Adaro Energy, Perusahaan Gas Negara, dan Garuda Indonesia, yang telah memberikan dukungan penuh bagi acara ini dan misi promosi yang diembannya.


Sumber: Fungsi Pensosbud/JR