Pesan Tertulis Duta Besar Muhammad Lutfi untuk Acara Penanaman Pohon Persahabatan di Bali, 8 Maret 2011

3/8/2011

 
Hadirin sekalian yang terhormat,
Om Swastiastu,

Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya untuk menjadi bagian dari upacara ini di Besakih, Karangasem, Bali.


Pada tahun 2009 silam, beberapa pelajar SD dari Besakih datang ke Isehara, Jepang, untuk program pertukaran pemuda. Mereka menampilkan tarian Bali yang sangat indah, yang menarik perhatian masyarakat Jepang. Selama tinggal Jepang, para siswa ini jatuh cinta pada keindahan pohon kesemak Jepang. Kisah para siswa Bali ini sangat menyentuh, dan saya berterima kasih kepada organisasi Tako-Tako Agare yang mempersembahkan pohon ini bagi Besakih sebagai tanda persahabatan. Kiranya penanaman pohon ini dapat mewujudkan impian para siswa Besakih.


Pohon kesemak berumur panjang, memiliki banyak cabang dengan bunga-bunga indah, serta berbuah manis. Pohon ini memiliki banyak ragam dan berbeda jenis di tiap negara. Namun demikian, saya percaya bahwa dimanapun pohon kesemak ini tumbuh, dia memberikan hasil yang baik dan bergizi bagi manusia. Ciri khas buah kesemak ini lah yang patut kita ingat dalam menjaga hubungan baik Indonesia dan Jepang, dimana kita saling menghargai setiap kebudayaan dan tradisi.


Dengan demikian, kita dapat saling menghargai setiap perbedaan dan memupuk ikatan kebersamaan dalam persahabatan dan kerja sama yang erat. Niscaya, secara bersama-sama, kita dapat menciptakan perdamaian, kesejahteraan, dan stabilitas bagi kedua negara, dan bagi kawasan.


Hadirin sekalian,


Penghargaan saya yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Bali, Bapak Made Mangku Pastika, Bupati Karangasem, Bapak I Wayan Geredeg, serta seluruh jajarannya, atas dukungan yang diberikan bagi kegiatan ini.


Besar harapan saya agar pohon-pohon ini akan tumbuh indah dan berakar kuat, seiring dengan mekarnya hubungan Indonesia dan Jepang yang saling menguntungkan. Saya juga berharap agar pohon-pohon yang dipersembahkan oleh kawan-kawan dari Jepang ini, dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat Bali. Marilah kita bersama-sama semakin menyayangi alam lingkungan kita.


Terima kasih.


Om Santhi, Santhi, Santhi Om.


(tertanda)


Muhammad Lutfi