Pameran seniman muda berbakat Indonesia di Belanda

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kedutaan Besar RI di Den Haag menggelar pameran lukisan seniman muda berbakat Indonesia – Sdri. Ferlin Yoswara pada tanggal 29 Juni – 2 Juli 2010. Pameran ini dibuka secara resmi oleh Bp. Umar Hadi - Wakil Kepala Perwakilan RI pada tanggal 29 Juni di Ruang Nusantara, KBRI Den Haag. Acara pembukaan dihadiri oleh berbagai kalangan, antara lain direktur dan kurator sejumlah Museum di Belanda, para pemilik galeri seni, seniman ternama Belanda serta kalangan pengusaha.

pameran lukisDalam sambutannya, Bp. Umar Hadi menjelaskan bahwa inisiatif KBRI ini merupakan upaya meneruskan “kebiasaan” KBRI di masa lalu untuk memfasilitasi dan mendukung beberapa seniman Indonesia (seperti Sri Hadhy dan Affandi) selama mereka berada di luar negeri. Program pembinaan seniman muda Indonesia di Belanda yang proses seleksinya dilakukan melalui sayembara ini akan dijadikan sebagai kegiatan tahunan.

pameran lukisKegiatan tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk mengembangkan citra Indonesia melalui soft diplomacy, khususnya dengan menggunakan pendekatan seni budaya. Melalui inisiatif ini, seniman muda Indonesia yang berbakat diberikan kesempatan tinggal di Belanda selama beberapa bulan sebagai artist in residence KBRI untuk memperluas wawasannya serta belajar dan bertukar pengalaman dengan kalangan seni di Belanda. Selagi di Belanda, seniman muda tersebut menghasilkan sejumlah lukisan yang merupakan visualisasi kesan yang bersangkutan terhadap Belanda.

Pameran KBRI yang terbuka untuk masyarakat umum tersebut menampilkan 33 lukisan Sdri Ferlin Yoswara yang tergabung dalam 23 tema.