Pameran Sumatera Utara Tercinta di Rijksmuseum Voor Volkenkunde Leiden

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pameran “Sumatra Tercinta” di Rijksmuseum voor Volkenkunde (RMV) Leiden, yang menampilkan lebih dari 150 sumatera tercintabarang pameran dari Sumatra telah dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Nilai Sejarah dan Purbakala – Departemen Kebudayaan dan Pariwisata didampingi wakil dari KBRI pada tanggal  13 Oktober 2009 yang lalu.  Acara Pembukaan dihadiri oleh lebih dari 200 undangan dari berbagai kalangan.
Pameran tersebut merupakan kerjasama antara RMV Leiden, Museum Nasional Indonesia dan didukung Museum Propinsi Sumatera utara, Museum Propinsi Sumatera Barat, Museum Propinsi Sumatera Selatan serta Museum Propinsi Jambi.
Pameran ini merupakan kelanjutan kerjasama di bawah skema ”The New Museum” yang telah terwujud melalui pameran Treasures of Sumatera di Museum Nasional Indonesia, tanggal 8 Juni hingga 8 September 2009 yang lalu.
Selain itu, sebagai salah satu wujud nyata keprihatinan RMV atas bencana gempa bumi di Sumatera Barat, museum tersebut akan menyisihkan 1 euro untuk setiap pembelian tiket masuk pengunjung pameran tersebut. RMV juga akan menyediakan kotak sumbangan yang bagi para pengunjung yang ingin memberikan donasinya.
Adapun pameran Sumatera Tercinta ini akan berlangsung dari tanggal 14 Oktober 2009 s/d 25 April 2010.