PASAR MALAM INDONESIA DIBUKA SECARA UNIK DAN MERIAH

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Acara pembukaan tersebut diawali dengan pengguntingan pita di pintu gerbang oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda, J.E. Habibie bersama dengan Guest of Honour, Dr. Bernard Bot, mantan Menteri Luar Negeri Belanda sebagai simbol dibukanya gerbang PMI. Seusai pengguntingan pita, Dubes RI dan Dr. Bot berjalan menuju tempat pembukaan resmi PMI diiringi langkah gemulai sejumlah penari dan lagu-lagu tradisional yang dibawakan oleh para pemusik dari Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Prosesi pembukaan yang unik tersebut sangat menarik perhatian para pengunjung yang pada umumnya tidak menduga bahwa acara yang kental dengan nuansa tradisional Indonesia dapat berlangsung dengan meriah. Kemeriahan warna Indonesia yang beragam makin Nampak jelas karena saat acara pembukaan, Duta Besar RI beserta staf dan pejabat Pemerintah Daerah mengenakan pakaian dari daerah masing-masing, setidaknya berbusana Batik. Upacara resmi pembukaan PMI ditandai sambutan oleh Dubes RI dan Dr. Bot, serta pemukulan Gong oleh Dr. Bot.

Acara pembukaan itu sendiri dihadiri antara lain oleh penerima Bintang Mahaputera, Mr. Hans Van Ballen (Anggota Parlemen EU) dan Mr. J. De Brijl (Pimpinan Horizon Holland), Duta Besar sejumlah negara sahabat, beberapa Walikota berbagai daerah di Belanda, kalangan Veteran Belanda, pejabat Pemerintah setempat, kalangan CEO perusahaan di Belanda dan friends of Indonesia. Sedangkan dari Indonesia hadir wakil dari beberapa Perwakilan RI, seperti Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Gubernur Kalimantan Timur, Dirjen Pemasaran Kembudpar, Wakil Kepala BKPM, Deputi Promosi-BKPM, isteri Gubernur Sumatera Selatan, isteri Gubernur Sumatera Utara, Kepala DPRD,   Bupati/Walikota, serta perwakilan berbagai kabupaten/kota di Indonesia, seperti Kutai Timur, Surabaya dan Surakarta.

Pembukaan dimeriahkan oleh pementasan tim kesenian dari Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, Gendang Cilik, Pela Gandong, Tim kesenian Budi Mulia II yang didukung oleh Depdiknas, dan ditutup oleh penampilan beberapa artis ternama seperti Sundari Soekotjo dan Andre Hehanussa. Setelah pembukaan, dilakukan peninjauan stand dan cocktail reception.

Pada hari pembukaan PMI, jumlah pengunjung kegiatan promosi perdagangan, pariwisata, investasi (Trade, Tourism and Industry) terbesar yang pernah dilakukan KBRI Den Haag ini diperkirakan sekitar 3600 orang, sedangkan hingga tulisan ini dibuat, sedikitnya PMI berhasil menyedot dan menghibur 9.000 masyarakat pecinta hubungan bilateral Indonesia Belanda.