Dubes Habibie Serahkan bantuan Alkes Pemerintah Belanda Kepada KASAL

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dubes RI Den Haag  Bapak JE Habibie secara simbolis serahkan bantuan alat kesehatan lapangan (ALKES) alkeskepada KASAL Jenderal Tedjo Edhy P bertempat di Mako Lantamal 3 TNI - AL Jl. Gunung Sahari tanggal 20 Oktober 2009. Protokol serah terima Bantuan tersebut secara resmi dilakukan tanggal 24 Agustus 2009 yang lalu dari Kementrian Pertahanan Belanda kepada Dubes Habibie di Den Haag.  Alkes tersebut antara lain, terdiri dari: mini lab, peralatan X-Ray, alat-alat bedah, mobile-scanner, peralatan dokter gigi, dll yang ditaksir mencapai nilai sekitar EUR 1 juta.
Dalam sambutan singkatnya, Dubes Habibie pada intinya ungkapkan kegembiraanya dapat menyerahkan peralatan medis lapangan tersebut kepada jajaran TNI AL yang dianggap paling mobile dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat di seluruh nusantara terutama bilamana terjadi bencana alam, seperti di Sumatera Barat bulan lalu.  Selain itu lanjut Dubes Habibie, pihak Belanda juga dalam waktu dekat akan mengirim tiga orang petugas medisnya untuk memberikan pelatihan tentang cara dan pengunaan peralatan alkes tersebut kepada petugas medis dijajaran TNI-AL.
Sementara itu KASAL dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dubes Habibie  yang telah berhasil melakukan “lobbying” kepada pihak Belanda dalam mendapatkan hibah dimaksud. KASAL menyatakan TNI-AL sangat membutuhkan Alkes tersebut untuk melengkapi fasilitas rumah sakit lapangan  TNI-AL. Dengan adanya bantuan tersebut,  pihak TNI-AL berkeyakinan akan dapat meningkatkan pelayanan medis kepada masyarakat di seluruh nusantara khususnya dalam kondisi bilamana terjadi musibah bencana alam yang akhir-akhir ini kerap melanda Indonesia.  Dalam kasus gempa bumi di Sumatera Barat sebagai contoh, pihak TNI-AL telah mengirim kapal yang dilengkapi dengan fasilitas medis dan setidaknya dapat memberikan bantuan medis kepada 2000 orang korban gempa.
Usai serah terima, Dubes dan KASSAL melakukan peninjauan lapangan yang diikuti juga oleh kalangan pejabat teras TNI-AL.