Promosi Indonesia Melalui Temu Bisnis dengan Pemprov Papua Barat

11/8/2014

 

?Pada tanggal 8 November 2014 bertempat di Aula KBRI, KBRI Den Haag bekerja sama dengan Pemprov Papua Barat menyelenggarakan temu bisnis antara Pemprov Papua Barat yang dipimpin oleh Asisten Gubernur III Provinsi Papua Barat, F.X. Kosamah dengan wakil-wakil dari sektor bisnis termasuk tour operator dan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) di Belanda.

Dalam sambutannya, KUAI KBRI Den Haag, Witjaksono Adji, menyampaikan antara lain komitmen pemerintahan baru Indonesia untuk mendorong pembangunan di wilayah timur Indonesia, termasuk Papua dan Papua Barat. Ditambahkan bahwa Papua Barat merupakan provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia. Diharapkan temu bisnis dapat memberikan sumbangsih dalam kerangka peningkatan kerja sama ekonomi Indonesia dan Belanda.
 
Asisten Gubernur III Provinsi Papua Barat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja sama KBRI serta perhatian dan kehadiran para peserta dari Belanda.  Pihaknya berharap temu bisnis tersebut akan dapat berlanjut dengan investasi dan kerja sama ekonomi guna pembangunan di Papua Barat.
Setelah pemutaran video promosi wisata bahari di Raja Ampat, temu bisnis dilanjutkan dengan paparan dan diskusi yang dimoderatori oleh Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI, Andrei Marentek. Diskusi antara Pemprov Papua Barat dan para peserta berjalan dengan aktif dan dinamis. Antara lain yang menjadi pokok perhatian adalah rencana dan kesiapan Pemprov Papua Barat dalam memfasilitasi investasi di berbagai sektor terutama pariwisata dan energi. Disoroti pula perlunya kerja sama bisnis untuk dapat mendorong pula sumber daya manusia dan taraf kehidupan masyarakat Papua Barat dengan mengindahkan nilai-nilai masyarakat adat. Selain itu, diharapkan Pemprov dapat menjembatani kerja sama dengan mitra lokal
 
(KBRI Den Haag, 8 November 2014).